Ekspedisi Hybrid: Triangulasi Pertama

“Sungai Joloi, Muara Posu. Tempat ini kami tetapkan sebagai titik Triangulasi Pertama.”

Setelah  menentang arus sungai Joloi selama kurang lebih dua jam, akhirnya kami berhenti dan memutuskannya sebagai tempat pengamatan Triangulasi. Dua jam menentang arus memang bukan perjalanan yang menyenangkan. Tidak senyaman yang saya kira saat cuaca sedang cerah.

Cuaca cerah bukanlah jaminan untuk perjalanan nyaman mengarungi sungai Kalimantan. Terkadang cuaca cerah selama beberapa hari berturut-turut bisa menjadi rintangan berat. Bagaimana tidak, air sungai yang biasanya setinggi perut tiba-tiba surut setinggi lutut.

Itu bukan kabar baik bagi perahu kecil yang penuh dengan muatan barang. Volume sungai yang menyurut membuat baling-baling perahu tak bertenaga. Perahu pun tersangkut di perairan dangkal, membuat kami para penumpang harus siap siaga meloncat, mengamankan serta mendorong perahu ke jalur yang seharusnya.

Sang Juru Kemudi pun harus berhati-hati. Karena setiap kali bebatuan terhantam, kerusakan besar maupun kecil bisa saja terjadi. Sedangkan kami berada ratusan kilometer dari desa terdekat.

Semuanya berjalan baik-baik saja hingga kami tiba di tempat yang telah ditentukan, Muara Posu. Tempat yang memanjakan para petualang. Sungai yang jernih, aliran sungai yang tenang, dasar sungai yang aman dari kayu mati membahayakan, membuat saya selalu ingin berlama-lama berenang.

Pikiran berenang harus saya tampik dahulu. Masih banyak pekerjaan yang harus kami mulai persiapkan selama 3 hari ke depan. Mendirikan kamp sementara, membuka jalur untuk 4 pos pengamatan triangulasi, dan pekerjaan rumah tangga lainnya.

Jika pekerjaan-pekerjaan di atas sudah terpenuhi, dan cuaca esok subuh cerah. Maka pengamatan Triangulasi bisa segera dimulai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s