Tentang 3R dan 1E

Saya agak sedikit bingung untuk memulai dari mana postingan ini seharusnya dimulai.

Oke baiklah, mungkin masih lanjutan dari postingan yang sebelumnya tentang kerja. Jadi pekerjaan saya sekarang memang masih bergelut dengan dunia satwa liar terutama primata. Cuman tugas saya agak berbeda dibandingkan dengan deskripsi kerja yang sudah pernah saya lakoni sebelum sebelumnya. Heum, tapi mungkin ada lah sekali kali saya melakukan hal beginian disela sela pekerjaan.

Deskripsi kerja saya saat ini adalah sebagai edukasi dan kampanye. Tugasnya ngapain? Jadi guru sekaligus orator mungkin. Tidak tidak tidak.. kurang lebihnya ya saya membuat program edukasi dan kampanye terhadap pelestarian satwa liar bagi masyarakat umum. Karena tantangan saat ini ternyata masih banyak masyarakat yang masih belum tahu apalagi peduli terhadap satwa liar primata, khususnya Kukang. Maka oleh karena itu, di situlah pentingnya edukasi dan kampanye penyadartahuan sebagai upaya pencegahan terhadap hal hal yang sebaiknya jangan sampai terjadi nantinya.

Karena berdasarkan hasil survey membuktikan, ternyata masih banyak dari kalangan manusia Indonesia yang well educated mengenai satwa liar dan satwa liar dilindungi. Terkadang hal ini pula yang selalu dijadikan alasan oleh mereka yang sebenarnya sudah well educated (minimal udah bisa pake google lah) berdalih bahwa mereka tidak tahu mengenai hewan apa yang mereka pelihara sebenarnya. Biasanya ini terjadi jika sudah berhadapan dengan aparat penegak hukum. Tapi di 2016 nanti kayaknya alasan begitu udah ga bisa dimaklumi lagi bung dan nona yang masih demen pelihara satwa liar dilindungi. Kecuali anda memang masih menggunakan sabak batu untuk menulis.

Waktu wawancara kerja, saya ditanya kenapa saya mau bekerja di posisi ini. Alasan yang saya kemukakan bukan karena saya ahli di bidang pendidikan, atau lulusan pendidikan, atau apalagi ya saya lupa.. waktu itu saya bilang ingin melengkapi pengalaman kerja saya selama ini di primata. Pengalaman apa saja, yang pertama itu Riset primata yang di alam liar. Pengalaman ini saya dapatkan selama di Sancang dan Tangkoko. Kemudian ada Rehabilitasi primata, saya belajar banyak sebagai volunteer di COP (Centre for Orangutan Protection), PPS Tasikoki, dan juga Pusat Penyelamatan Primata Jawa Aspinnal Foundation. Lalu yang terakhir adalah Reintroduksi atau mengembalikan primata yang sudah di rehabilitasi ke habitat aslinya. Ini pengalaman selama dua tahun kemarin di Owa Jawa dan lumayan hasilnya, dapat kenang kenangan berupa 3 jahitan di lutut.

Dan yang sekarang adalah Edukasi..

Riset, rehabilitasi, reintroduksi dan edukasi. 3R dan 1E.

Lumayan lah untuk memperpanjang CV saya. Konsisten dan kokmonyet mulu isinya. Begitulah kenapa saya bisa ada di sini sekarang. Dan memang, pekerjaan yang sekarang ini adalah pekerjaan pertama yang saya lalui lewat wawancara dalam beberapa tahap untuk mengalahkan kandidat lain yang… entahlah, mungkin lebih bagus dari saya tapi tidak lebih keren dari Aliando.

Ah sekian dulu.

Tinggalkan Balasan

