Wildlife Travelling (plan)

image

Semenjak saya memutuskan berhenti kerja, saya jadi punya banyak waktu luang di bulan september ini. Saya memang masih butuh pekerjaan sebagai sumber finansial masa depan kelak (modal kawin), tapi sepertinya untuk bulan ini saya agak selow menikmati cuti panjang sebelum  kembali fokus untuk bekerja.

Ya mudah mudahan sih saya tidak menganggur lama.

September ini saya membuat beberapa rencana untuk melakukan wildlife travelling di beberapa tempat. Saya menyebutnya begitu karena fokus jalan jalannya ada pada kegiatan yang melibatkan satwa liar. Jadi bukan pelesir kuliner, bukan pendakian gunung, bukan wisata bahari, meski itu semua juga termasuk bagian di dalamnya.

Berhubung uang tabungan saya juga ga banyak sisanya, jadi saya ga akan pergi jauh jauh. Hanya sekitaran jawa saja. Kebetulan  juga di september ini PT. KAI sedang bagi bagi promo tiket murah se-Indonesia, jadi saya incer tuh dan lumayan saya dapat tiket PP ke Surabaya.

Nah untuk rencananya sendiri sih ga terlalu kaku kaku amat, sewaktu waktu bisa berubah sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku. Berikut rencana yang sudah saya susun.

1. Indo Pet Expo 2015 (11-13)
Saya diajak oleh rekan rekan di Yayasan IAR Indonesia untuk bantu kegiatan kampanye mereka di acara Indo Pet Expo di BSD, Tangerang.
Kegiatan ini memang bukan travelling wildlife sih, tapi masih ada kaitannya sama wildlife terutama Kukang. Dan lagi di acara ini juga banyak sekali binatang binatang peliharaan baik yang dipamerkan maupun yang sengaja dibawa oleh pet owner ke acara tersebut.

2. Sancang, Garut (15-20)
Terakhir kali saya ke Sancang itu tahun 2010. Setelah 5 tahun berlalu sepertinya banyak perubahan yang terjadi di sana. Terutama mengenai populasi Owa Jawa. Saya masukkan list karena saya bosan maen ke hutan dataran tinggi mulu, sekali kali ke hutan dataran rendah biar bisa santai di pantai.

3. Baluran, Jawa Timur (22-25)
Berhubung saya sudah mendapatkan tiket promo KAI ke Surabaya, jadi saya memilih Baluran sebagai destinasi wildlife travelling. Berdasarkan review yang saya  baca, di sana itu bagaikan savana Afrika versi Indonesia. Apalagi di musim kemarau, satwa liar cenderung lebih mudah diamati kehadirannya.

4. Unexpected travelling
Sehabis acara di Indo Pet Expo, kolega saya di IAR bertolak ke Petungkriyono, Pekalongan untuk memberikan materi mengenai pengamatan satwa liar nokturnal. Saya penasaran dengan  Petungkriyono sebetulnya, mungkin ini sebuah kebetulan karena awal september ini saya menonton program kompas tv di youtube mengenai kopi owa, sebuah brand kopi yang turut berperan dalam program konservasi owa jawa. Saya pikir tidak ada salahnya jika saya ikut mampir sejenak ke hutan di Petungkriyono sambil mencicipi secangkir kopi owa.

5. Alternative
Sebelum pulang dari Surabaya, mungkin sejenak saya akan mampir ke kawah ijen di Banyuwangi. Atau mungkin setelah pulang dari Surabaya saya melipir ke Pangandaran. Atau mungkin pantai Cipatujah, Tasikmalaya. Sekedar alternatif selama masih di bulan september.

Oke deh, mungkin segitu saja itinerary saya yang sewaktu waktu bisa berubah. Mudah mudahan setiap point di atas bisa menjadi satu postingan khusus.

Happy traveling guys.

2 comments

  1. Kakmoly · September 18, 2015

    Kapan ini start jalannya?

Tinggalkan Balasan

