Menguji Kesetiaan

DSC_8327

Entah apa penyebabnya, para pejantan dari kedua pasangan yaitu Robin dan Moli memiliki masalah yang sama yaitu kesetiaan pada pasangannya. Mereka berdua cenderung tak acuh pada pasangannya dan malas untuk mengikuti kemana pasangannya pergi. Selain itu mereka juga sama sama kurang gesit di pepohonan.

Di sesi pelepasan yang berikutnya kami mengubah strategi yang biasa dilakukan. Kali ini kami tak melepaskan kedua pasangan secara bersamaan, hanya si jantan saja yang kami keluarkan. Tujuannya untuk melihat respon si jantan terhadap pasangannya yang masih terkurung di dalam kandang.

Percobaan pertama kami lakukan kepada Robin. Pada saat Robin di luar dan Moni di dalam, mereka memperlihatkan ikatan satu sama lain. Meski terhalang oleh kawat, mereka berdua cenderung aktif bermain saling kejar kejaran. Hampir satu jam lamanya Robin bermain main di atas atap kandang berlari, melompat ke sana kemari. Sedangkan Moni yang berada di dalam kandang mengikuti pergerakan Robin tepat di bawahnya.

sosial bermain

Namun satu jam kesenangan mereka berubah setelahnya. Dari arah selatan kandang Robin, Nancy yang merupakan pasangan Moli menyerukan nyanyiannya. Sejenak Robin berhenti dan memalingkan mukanya ke arah sumber suara. Begitu nyanyian Nancy usai, perlahan Robin mulai berpindah tempat dari atap kandang ke pepohonan.

Sepuluh menit kemudian, Robin sudah meninggalkan Moni dan bergerak ke arah sumber suara Nancy berasal. Pergerakan Robin di pohon memang tidak begitu gesit, tapi setidaknya dibandingkan dengan pelepasan sebelumnya dia sudah terlihat lebih lihai bergerak di pepohonan. Meskipun begitu, Robin masih terlihat melakukan kesalahan dalam memilih ranting pohon yang kuat untuk berayun. Ia hampir saja terjatuh beberapa kali karena ranting yang rapuh.

Robin semakin bergerak menjauh dari Moni. Di satu sisi pepohonan di mana Robin dan Moni masih bisa saling memandang, Moni memberikan panggilan panjangnya secara inisiatif. Jarang sekali Moni memberikan panggilan panjang jika bukan terpancing untuk merespon suara dari Nancy. Panggilan Moni kali ini memang bukan untuk merespon Nancy, kepada siapa lagi jika panggilan tersebut ditujukan kepada Robin.

Di momen ini ujian kesetiaan terlihat. Sayangnya, Robin tak sesetia itu kepada Moni. Meskipun Moni sudah memanggilnya, tapi ternyata Robin masih saja bergerak menuju arah Nancy dan menghilang dari pandangan Moni.

Hasil percobaan kali ini memang tidak berhasil, akan tetapi pertanyaan muncul di benak saya mengenai kenapa Robin meninggalkan Moni. Kenapa Robin bergerak ke arah Nancy. Dan kenapa Robin tak mau kembali ketika Moni memanggilnya.

Mungkin benar jika Robin tak sesetia itu kepada Moni. Namun bisa juga kepergian Robin ke arah sumber suara Nancy adalah untuk memastikan area yang menjadi wilayah kekuasaannya. Namun yang pasti, Robin masih saja linglung saat bergerak di pohon. Lupa jalan pulang.

robin_release

One comment

  1. nanangrusmana · Juli 13, 2015

    Asyik juga ya sepertinya memperhatikan tingkah laku primata…:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s