Macam Macam Aplikasi Yang Harus Ada di Ponsel Pinter Saya

Kalau ngomongin ponsel pinter, kayaknya hampir setiap orang (terutama kaum urban atau urban-sentris) pasti sudah pada punya. Saya sendiri sudah 4 kali ganti ponsel pinter semenjak 2012 lalu, mulai dari yang ukurannya imut sampe yang bisa dipake buat ngiris bawang.

Oke, saya ga mau bahas soal jenis jenis ponsel pinter yang pernah saya pakai selama ini. Ga penting, soalnya tiap bulan selalu ada aja keluaran baru yang diembel embeli dengan sesuatu yang lebih anu dan nganu dibandingkan keluaran kemarin (meski merk cina sekalipun).

Ditulisan ini saya cuman mau bagi bagi pengalaman soal aplikasi aplikasi yang wajib saya install di ponsel pinter saya. Berhubung saya selama ini pake android (dengan alasan kemudahan dan kemampuan), jadi aplikasi ini kebanyakan adanya di playstore. Ga tahu deh klo ada di toko sebelah mah.

1. Socmed

Saya tidak begitu aktif di social media, jadi tidak banyak aplikasi socmed yang saya install. Instagram, Twitter dan FB adalah socmed yang sesekali dipantau keberadaannya. Tapi cuman IG dan Twitter aja yang saya install aplikasinya, klo FB sih saya memantau langsung dari browser. Berat banget soalnya app-nya, ngabisin batere dan memori.

2. Chat & Messaging

Masih tetep setia sama wasap dari pertama kali punya ponsel pinter hingga kini. Tampilannya seger dibandingkan sama BBM. Udah gitu bebas iklan dan responnya cepat tiap kali appnya dibuka, ga kayak Line yang suka ada jeda untuk bengong saat dibuka.

Jadi soal chat chatan, saya cuman pake wasap. Berhubung saya suka baca komik di Webtoon, saya terpaksa install Line juga. Cuman akunnya tidak saya aktifkan. Lagipula ngapain punya banyak akun chat messenger, masih ada sms buat nanya kabar Winking smile.

Untuk sms juga saya ga terlalu suka sama aplikasi bawaan hape. Beruntung ada aplikasi yang namanya QKSMS. Lumayan lah bisa gonta ganti theme warna, night mode dan ga bikin berat memori.

Screenshot_2015-05-18-12-04-55

Whatsapp

Screenshot_2015-05-18-12-06-47

QKSMS

3. Browser

Saya sudah mencoba berbagai macam browser di playstore dan akhirnya balik lagi ke browser bawaan Chrome. Tapi emang Chrome bagus kok.

Chrome cenderung saya pakai saat browser Opera Mini memberikan hasil yang tidak memuaskan secara tampilan (biasanya gara gara javascript –apalah itu teh). Tapi tetep Opmin adalah andalan saya untuk browsing. Selain lebih hemat, Opmin adalah solusi jitu disaat kehidupan tak selalu dinaungi sinyal 3G.

4. Readers

Ini udah pernah saya bahas dipostingan sebelumnya.

Khusus untuk baca berita, saya menggunakan aplikasi Flyn yang bisa digunakan secara offline. Sedangkan untuk baca baca blog, webportal, atau situs situs yang layak dibaca berulang ulang karena tulisannya emang bagus, saya lebih suka menggunakan aplikasi gReader.

gReader termasuk salah satu aplikasi yang setia menemani meski sudah ganti gawai beberapa kali. Fungsinya kurang lebih sama seperti Flyn, cuman untuk gReader saya ga pernah hapus data data yang tersimpan di dalamnya. Ini adalah aplikasi untuk stalking stay update blog tanpa harus follow atau blogwalking. Malah terkadang ada beberapa postingan yang tadinya sudah dihapus masih bisa terpantau keberadaannya via RSS.

Screenshot_2015-05-18-12-07-18

Flyn

Screenshot_2015-05-18-12-07-35

gReader

5. Writing

Untuk menulis ada beberapa aplikasi yang biasa saya gunakan,

Evernote, lebih rapi aja klo nyimpan tulisan di sini ketimbang nulis di note bawaan. Selain itu pula, Evernote terhubung sama cloud. Jadi tak perlu risau kehilangan catatan. Sejauh ini cuco.

WordPress, karena blog saya masih numpang gratis di wordpress. Sudah rada mendingan sih dibandingkan beberapa bulan lalu. Sempet app-nya rada ngaco kagak bisa nge-refresh notifikasi yang masuk, tapi update-an terakhir udah makin bagus aja.

Tumblr, iya saya punya tumblr dan isinya lebih baik jangan dibaca. Nulis di Tumblr juga asik sih, tapi saya lebih seringnya make buat lihat gambar gambar keren. Gitu aja.

Screenshot_2015-05-18-12-08-59Screenshot_2015-05-18-12-09-29Screenshot_2015-05-18-12-12-12

Evernote

WordPress

Tumblr

SwiftKey Keyboard, ini justru aplikasi buat ngetiknya. Selama ini mungkin banyak yang frustasi sama tampilan keyboard yang ga sebanding sama kondisi jempol. Saya pakai Swiftkey karena luar biasa pinternya mengoreksi ketikan saya yang tidak tepat huruf. Karena keyboard ini saya jadi lumayan cepet untuk mengetik di ponsel. Kadang pada kondisi sambil merem pun ketikan saya bisa bener (dibenerin). Hebatnya lagi, ada feature Basa Sunda-nya loh. jadi teu hese mun kedah nyerat nganggo basa sunda.

Screenshot_2015-05-17-20-23-46Screenshot_2015-05-17-22-57-02Screenshot_2015-05-17-22-57-36

6. Kerjaan

Urusan kerjaan biasanya ga jauh dari email. Khusus email saya pakai aplikasi Type Mail. Lagi lagi saya terpaksa menggunakan aplikasi di luar dari aplikasi bawaan google yaitu Email dan Gmail. Masalahnya kedua aplikasi bawaan tersebut punya kekurangan, yaitu harus terhubung internet mulu untuk bisa ngebuka email. Dikira saya tinggal di sebelah tower kali ya.

Dropbox & Google Drive, cloud storage sangat membantu untuk menyimpan data data penting macam laporan bulanan agar tak tercecer di harddisk. Kita mana tahu klo nih laptop bakal awet terus tanpa kendala. Mudah mudahan sih awet.

Kerjaan saya juga mengharuskan saya mengatur keuangan belanja. Ada dua aplikasi yang biasa saya gunakan yaitu Financius dan Daily Expenses. Kedua duanya adalah aplikasi untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan. Terus kenapa harus dua aplikasi? Yang satu khusus untuk nyatat pengeluaran belanja, sedangkan satunya lagi khusus buat catatan kasbon asisten.

Screenshot_2015-05-18-12-14-04

Financius

Screenshot_2015-05-18-12-14-21

Daily Expenses

Cybertracker. Ga ada di playstore. Aplikasi ini semacam aplikasi untuk mengambil data lapangan yang hasil datanya bisa berbentuk excel. Aplikasi ini cukup berguna untuk menggantikan peranan kertas yang menumpuk dan meringkas pekerjaan.

Contohnya,

ngambil data pake kertas—> diketik lagi di komputer—> olah data—> pingsan

Klo pake Cybertracker jadinya gini,

ngambil data pake cybertracker—> olah data—> mual—> hamil—> melahirkan—>olah data—> pingsan

Lebih jelasnya bisa mampir aja ke webnya, http://cybertracker.org

Screenshot_2015-05-18-12-16-26Screenshot_2015-05-18-12-16-31Screenshot_2015-05-18-12-16-37

7. Aplikasi yang ga penting penting amat tapi kalau mau aja

Buzz Launcher. Buat yang ga suka/bosen sama themes dan ikon bawaan pabrik android. Tinggal cari aja homepack yang sesuai, lalu donlot. Atau kamu bisa bikin sendiri. Launcher lainnya sebenarnya banyak dan bagus, cuman saya lebih pilih Buzz karena ada beberapa feature yang sama dengan tanpa syarat.

Screenshot_2015-05-18-12-17-00Screenshot_2015-05-24-20-09-06Screenshot_2015-05-24-20-14-08
saya suka tampilan minimalis

Sygic. Semacam peta navigasi. Belum terlalu paham sama fungsinya secara keseluruhan, tapi mendingan lah karena petanya offline. Cuman siap siap aja pas mau donlot petanya, lumayan gede.

Flud. Buat yang suka donlot file dari torrent. Sebelumnya saya pake utorrent, tapi entah kenapa tiba tiba ngaco mulu. Kemudian saya beralih ke Flud, eh ternyata featurenya lebih bagus.

PicSay. Ini aplikasi buat ngedit foto gitu deh. Lumayan buat bikin balon kata biar kayak meme memean jangan pake ka.

Timed Toggles. Semacam aplikasi buat ngatur jadwal si hp secara otomatis. Misal mengaktifkan/non-aktifkan mobile data, bluetooth, sound, wifi pada jam yang sudah ditentukan. Sangat berguna untuk menghemat batere pada saat sedang tidak digunakan, saat jam tidur. Sebenarnya udah ada juga aplikasi bawaan namanya Smart Connect, hanya saja untuk si toggles ini dia punya feature khusus yaitu mengaktifkan mode pesawat (airplane). Sayangnya automode airplane ini hanya bisa digunakan pada android yang sudah di-Root untuk android versi 4.2 ke atas. Bagaimana caranya me-root, mungkin bisa tanya abah gugel karena saya juga kebetulan aja nemu.

Screenshot_2015-05-18-12-17-30 Screenshot_2015-05-18-12-17-41

Game. Ga banyak sih, saya ga terlalu doyan main game. Klo pun ada biasanya ga tahan lama. Yang masih bertahan hingga saat ini sih si Candy Crush, baru nyampe level 300an (gara-gara reset factory, ngulang dari awal lagi). Ngomong ngomong soal Candy Crush, tau ga cara supaya dapat nyawa full secara cepat tanpa harus minta minta? Aku tahu loh caranya..

Yup, itu adalah beberapa jenis aplikasi yang harus ada di perangkat pinter saya saat ini. Memang sih ga selalu terpakai, tapi sewaktu waktu sangat penting untuk digunakan. Kalau tertarik untuk pakai, silakan cari di playstore. Mudah mudahan masih ada.

Ada aplikasi bagus dan layak untuk direkomendasikan?

4 comments

  1. Felly · Mei 25, 2015

    Kek mirip ama tulisan gue yaaa?
    yahh cek aja yaaa appsnya disindang
    http://felicialasmana.com/2015/05/12/ponsel-cerdas-terbaik-untuk-pekerjaan-lapangan/

  2. Powerbank Tenaga Matahari · Mei 28, 2015

    Mantaaap kak artikel nya .sangat informastif terutama buat pemula yang mulai gila gadjet …tpi klo boleh tau,jika kebanyakan aplikasi apa gk ngaruh (lemot) terhadap HP nya itu sendiri kak???

    • Ismail Agung · Mei 28, 2015

      Lemot atau nggak mah tergantung dari RAM dan aplikasi yang berjalan di background.

Tinggalkan Balasan

