Yang Muda Ikut Peduli

#SaveKukang

Sewaktu kampanye kukang kemarin di Bandung, saya sempat berkenalan dengan seorang sukarelawan yang masih terbilang muda. Namanya Nugi, usianya mungkin baru sekitar 13 tahun. ABG. Saya yakin, dia klo kencing pasti berlari karena gurunya kencing berdiri.

Jadi ceritanya, dia sebagai sukarelawan muda di kegiatan kampanye penyadartahuan kukang kemarin memang ikut terlibat sebagai bagian dari tugas sekolahnya yang mengharuskan siswanya untuk magang. Keren ya, anak SMP udah disuruh magang. Lebih kerennya lagi hanya dia satu satunya yang ikutan magang di lembaga non profit tentang pelestarian satwa liar yang menjadi inisiator kegiatan kampanye tersebut.

Yang paling menarik dari keterlibatan Nugi adalah tadi pagi ketika saya membuka facebook, saya mendapati sebuah gambar yang mana isinya adalah hasil laporan Nugi selama magang. Seperti pada gambar di bawah ini.

masih mau pelihara kukang

Berdasarkan gambar di atas, Nugi memaparkan bagaimana mata rantai ancaman terhadap kukang di alam membentuk sebuah siklus yang tiada akhir. Pun demikian, upaya penyelamatan kukang melalui rehabilitasi dan pelepasliaran tetap tidak akan menghilangkan siklus yang terjadi.

Selama satu hari kebersamaan saya dengan Nugi, saya tahu bahwa Nugi ikut karena tugas sekolah. Tapi saya justru tidak melihat hal tersebut sebagai alasannya. Saya justru melihat sosok Nugi yang ikut terlibat karena tergugah empatinya.

Nugi bisa merasakan bahwa kukang kukang yang dipaksa menjadi hewan peliharaan adalah kukang yang menderita. Nugi mengerti bahwa upaya penyelamatan kukang yang sudah pernah dipelihara untuk dikembalikan ke habitatnya itu tidak mudah. Nugi paham betul bagaimana mata rantai setan perburuan dan perdagangan kukang sebenarnya bisa diselesaikan secara sederhana melalui kesadaran masyarakat untuk berpaling dari rasa ingin memiliki kukang sebagai peliharaan.

Dan dari satu orang Nugi, ia telah berbagi kepedulian kepada teman teman di sekolahnya. Mengajak teman temannya untuk berpikir cerdas, kritis dan berperan aktif dalam upaya penyelamatan satwa liar.

Jadi,

kamu MASIH MAU PELIHARA kukang?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s