Quick Count

Beberapa hari belakangan ini selepas pencoblosan, linimasa saya penuh sama diskusi tak berujung debat tak berguna mengenai hasil hitung cepat dari sebelas lembaga survei yang terpecah karena hasil datanya menjadi dua kubu.

4 lembaga survei hasilnya condong ke kandidat no 1. Tujuh sisanya condong ke kubu no 2. Dalam hati saya, wats werong wit al op yu gais!! Kenapa kalian ga kompak. Pasti waktu ospek jurusan statistik pada ga nurut bener, ya wajar klo hasilnya jadi begini.

Tapi ya sudahlah, tiap lembaga survei kan ga ngambil sampel suara di tempat yang sama. Lembaga survei dan sampel suara kan ibarat dua sejoli lagi makan bakso semangkok berdua. Yang cewek mungkin kebagian bakso ama mienya, yang cowok cukup kuah ama sayurnya. Plus micin.

Walaupun sama sama menikmati mangkok yang sama, tapi rasa kenyangnya beda. Kalau pengen kenyangnya nampol ya beli aja sendiri baksonya, sekalian ama gerobak plus mamang bakso. Kalau mampu itu juga.

Analoginya agak ngaco yah. Neper maind.

Saya kepinginnya mengakhiri polemik kebingungan rakyat atas hasil hitung cepat yang ada saat ini. Oleh karena itu, saya berinisiatif untuk membuka lembaga survei sendiri yang independen, tidak ditumpangi pihak yang berkepentingan untuk memanipulasi data, sekaligus menerapkan nilai nilai keilmuan secara benar.

Nama lembaganya PROSTAT yang artinya Pusat Riset Olah Statistik. Keren kan namanya. Sesuai dengan namanya, PROSTAT akan menegakkan hasil survei setegak tegaknya. Tidak mengantungkan miliknya ke milik pihak lain. Pengambilan sampel melalui respon cepat berdasarkan stimulan dari responden. Pokoknya hasil data dari PROSTAT dijamin tokcer, tidak encer.

Teman saya menyarankan klo lembaga ini harus punya logo yang ikonik. Nah kebetulan, yang namanya statistik itu kan biasanya berkaitan sama angka dan rumus, jadi saya pikir logo ini bisa digunakan dan mewakili semangat PROSTAT.

image

Bagaimana? Bagus ngga? Ada yang mau order?
Usai lebaran tarif naik loh..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s