Perkara Simcard Bolong

Postingan ini ga penting penting amat sih. Cuman mau share aja soal pengalaman saya sama tablet/sabak samsung Galaxy tab 2 7 inch yang saya pakai.

Jadi beberapa hari yang lalu, sabak saya terpaksa harus masuk ke service centre dikarenakan sebuah kerusakan pada slot sim card. Ini murni kesalahan pribadi, bukan bawaan dealer-nya.

Awal mula kerusakannya sendiri disebabkan karena saya dengan sengaja menaruh simcard bolong di dalam slot.  Maksud hati sih menyimpan si simcard bolong tersebut supaya tidak tercecer dan hilang. Tapi justru musibah berawal dari situ.

Setelah simcard bolong tersebut masuk slot, ternyata si simcard tidak bisa dikeluarkan. Sebab musababnya dikarenakan si konektor besi yang ada di dalam slot tersangkut ke bagian bolong simcard sehingga menahannya untuk keluar. Kesalahan fatal yang saya lakukan adalah mencabut simcard keluar dengan paksa. Walhasil si konektor besinya bengkok dan tidak memungkinkan untuk diposisikan seperti semula.

image

Simcard bolong + slot yang rusak

Kondisi sabaknya sih baik baik saja. Program masih berjalan lancar, cuman ga bisa internetan kecuali via wifi. Di service centre resmi, slot simcard yang rusak terpaksa harus diganti dengan yang baru. Proses pengantian slot sendiri tidak memakan banyak waktu, kurang dari sejam slot sudah beres diperbaiki dan bisa digunakan kembali.

Ongkos service-nya sendiri menghabiskan biaya sebesar 120ribu. 80ribu untuk jasa teknisi, sisanya suku cadang. Tapi kalau masih dalam masa garansi, mungkin lebih murah dari itu.

Begitulah ceritanya, mudahmudahan jadi masukkan yang berharga dan menghindari gawai rusak karena kecerobohan. Pepatah Sunda sih bilangnya “kudu apik”, biar awet.

41 comments

  1. reza alif · September 8, 2014

    gan, kebetulan kita senasib nih. ane mau nanya, itu kondisi tab masih garansi? ane mau masukin sevice center juga nih rencananya tp kondisi udah ga garansi hehe. sama itu service centeri dimana ya? thanks

    • Ismail Agung · September 11, 2014

      Udah lewat garansi, makanya kena charge service. Tempat service resmi, klo di bandung ada di bec sama jalan Dago.

  2. hideko · Oktober 4, 2014

    masalah nya sama kaya diriku.. tp pnyku sony, bisa ga ya kira2?😦

  3. Afic Librayn · November 16, 2014

    gan klu masalah nya sprti kamu itu biayanya emng 120 service nya sma jasa teknisi nya 80 itu di service di tempat service biasa atau langsung di service samsungnya gan. ?

    • Ismail Agung · November 17, 2014

      Itu di tempat samsung resmi nya mas bro. Masa garansi udah lewat.

  4. Afic Librayn · November 22, 2014

    biayanya 120 service nya sma
    jasa teknisi nya 80 yg sisanya suku cadang nya itu brpa gan ?

  5. avianitoyeahh · November 26, 2014

    sama banget nasibnya:( aslian gan segitu harganya? Takutnya lebih mahal gituu

    • Ismail Agung · November 29, 2014

      ga tahu dah klo tarif setelah BBM naik

      • avianitoyeahh · Desember 13, 2014

        wkwkwkk kirakira jadi berapa tuh sekilonya gan

      • Ismail Agung · Desember 14, 2014

        klo dikilo.. bisa lah saingan sama harga cabe rawit sekarang😀

      • avianitoyeahh · Desember 24, 2014

        hahahaa 170ribu/kilo bang😀

  6. Afic Librayn · Desember 3, 2014

    harga suku cadangnya gan yg ganti tempat sim cardnya sma yg bru itu brapa harganya gan

    • Ismail Agung · Desember 3, 2014

      Itu total biayanya 120rb. Tinggal kurangi aja sama 80rb ongkos teknisi. Ya sekitar 40rb jadinya. Entah juga klo harga suku cadang saat ini mungkin udah ga sama lagi

  7. N.A · April 1, 2015

    Bro, masalahnya sama kayak saya. Cuman saya pake Lumia
    Kira kira mending di bawa ke Service centre atau di tempat service biasa saja ya? Mengingat ini kesalahan saya sendiri, persis kayak punya agan, gara gara gk bisa di keluarin simcardnya

  8. rfh · April 19, 2015

    kalau punya saya simcardnya nyangkut di tabnya karena motong sendiri , gimana ya gan .. mahal gak kira-kira kalau dibawa ke servise samsungnya ?

  9. tomjerry · April 20, 2015

    gan kl ganti slot simcard pa harus buka sgel/buka mesin???

  10. bayu · April 26, 2015

    Makasih infonya gan…pas malam galau gara2 kejadian yg sama, berarti sya msh punya harapan…makasih

  11. Markus Sutanto · Mei 22, 2015

    hehe, ternyata banyak yang senasib…. slot sim card tab 10.1 gw jebol juga, karna masukin sim bolong, supaya mudah masukkin dan cabut micro sim. dan saat narik sim bolong nya, besi didalamnya jadi bengkok. mo gak mau harus ke service center juga neh sesuai info agan.

  12. Rizki Tresna G · Juni 8, 2015

    bang kalo untuk hp china ‘Evercoss A26C’, kira2 berapa ya, tapi saya ini copot besi nya aja, gara2 pake kartu sim TEL****EL yang sekarang kan, pas mau dicopot susah, eh saya paksa, pas keluar sim card nya, ada besi kecil juga yang keluar…

    • Ismail Agung · Juni 8, 2015

      wah maaf saya kurang tahu

      • rokim · Juli 13, 2015

        Wah sama gan

  13. rancajigang · Juni 10, 2015

    wah senasib gan

  14. abdullah · Juni 20, 2015

    Sama gan samsung galaxy tab 3 10.1 saya juga gak bisa baca sim card saya ganti2 posisi biar ke baca. Eh malah ketelen saya congkel 2. Akhirnya keluar tapi pegas nya rusak. .. dan hp 1 nya juga sama sim 1 besi nya potong semua gara2 kena kartu bolong.sial sial..

  15. lestin silvia · Juli 17, 2015

    gan, kita senasib, tapi kalo punyaku modem, bisa gak ya kira kira?

  16. asilaa · Agustus 27, 2015

    gan misalnya ditukar mesin simcardnya sama mesin hp yang udah rusak bisa gak? hehe

  17. Winardi Pratama · September 1, 2015

    Ternyata banyak yang senasib :v

  18. tyo · September 17, 2015

    wkwkwkwk ane juga sama nih gan tab 2 ane juga gara gara sim bolong suee😀

  19. Wietha73 · Oktober 18, 2015

    Saya jg py kejadian sama bgt.kalo udah ga garansi baiknya ke service biasa aja.tadi saya tanya ke service biasa biayanya 50rb.kalo ganti sparepart agak susah brgnya.hp saya bb

  20. junaidi · November 3, 2015

    klau saya malah ongkos service ny d samsung d minta 700ribu,jd saya gk jd perbaikin samsung tab 3 little saya gan

  21. arrif findaa · November 14, 2015

    Wahahahaha ane juga kayak gitu ni gan.sekarang gk tau mau d gimanain

  22. jean · November 24, 2015

    Kalo saya katanya slot sim cardnya hrus gnti sxan mesinnya krna slot simnya melekat pd msinnya,,jd hrus byr 940rb,,aneh deh

    • alil · April 12

      itu hp apa gan

  23. wisnu · Februari 28

    wah senasib kita gan hp gue lenovo hanya karena masalah sepele ga sengaja iseng masukin sim card bolong pas mau dilepas ternyata susah, akhirnya gue paksa eeh kuning kuning yg di slot sim card ikutan lepas juga, trus gue bawa ke service center katanya ini udah gabung sama mesinnya kalo mau diganti harus ganti sekalian sama mesinnya harganya sekitar 80% harga hp, akhirnya gue cari alternatif lain ke counter hp yg menerima jasa servis ternyata dia nyanggupin, biayanya 170 ribu

  24. Yanuwa · Maret 6

    Kak kita senasib,, tapi punya kakak slotnya yang patah itu bagian yang mana?? Makasih,,

  25. S Al- Qibtya · April 12

    Hp saya samsung galaxy prime, slot sd card rusak saya bawa ke servisan (gak resmi) dan payahnya saya baru inget ini masih keadaan garansi. Garansinya masih berlaku apa nggak? Kira kira kalau sd card berapaan ya

  26. Rahma ni'ma · Mei 16

    Tab q jg ,gara” kartu nya kekecilan gak bsa keluar setelah berusaha sekuat tenaga ternyatakaru keluat dan besi yg kuning nonjol dan aku tekan sama potongan kuku alhasil gak bsa di gunakan lagi

  27. Rizqi Fahma · Juli 24

    Kejadian yang sama sama hp ku😥

  28. reza · Oktober 20

    Manfaat bget gan, kirain tabnya udah kgk bisa dipake lgi gan..
    Ane baru ngalamin nih

  29. Andy · 5 Days Ago

    Wahhh… Senasib, gara2 kartu Nano Telkomsel dari S7 gw masukin ke kartu bolongnya lagi biar bisa masuk ke Tab 2 10.1, ga mau masuk gw paksa n ga detect, pas mo ambil lagi, ternyata ga bisa, pake pinset dah…. JEBOLLL…. Berapaan ya biayanya betulin slot sim card Samsung Tab 2 10 Inch itu?

Tinggalkan Balasan

