Perkara Simcard Bolong

Postingan ini ga penting penting amat sih. Cuman mau share aja soal pengalaman saya sama tablet/sabak samsung Galaxy tab 2 7 inch yang saya pakai.

Jadi beberapa hari yang lalu, sabak saya terpaksa harus masuk ke service centre dikarenakan sebuah kerusakan pada slot sim card. Ini murni kesalahan pribadi, bukan bawaan dealer-nya.

Awal mula kerusakannya sendiri disebabkan karena saya dengan sengaja menaruh simcard bolong di dalam slot.  Maksud hati sih menyimpan si simcard bolong tersebut supaya tidak tercecer dan hilang. Tapi justru musibah berawal dari situ.

Setelah simcard bolong tersebut masuk slot, ternyata si simcard tidak bisa dikeluarkan. Sebab musababnya dikarenakan si konektor besi yang ada di dalam slot tersangkut ke bagian bolong simcard sehingga menahannya untuk keluar. Kesalahan fatal yang saya lakukan adalah mencabut simcard keluar dengan paksa. Walhasil si konektor besinya bengkok dan tidak memungkinkan untuk diposisikan seperti semula.

image
Simcard bolong + slot yang rusak

Kondisi sabaknya sih baik baik saja. Program masih berjalan lancar, cuman ga bisa internetan kecuali via wifi. Di service centre resmi, slot simcard yang rusak terpaksa harus diganti dengan yang baru. Proses pengantian slot sendiri tidak memakan banyak waktu, kurang dari sejam slot sudah beres diperbaiki dan bisa digunakan kembali.

Ongkos service-nya sendiri menghabiskan biaya sebesar 120ribu. 80ribu untuk jasa teknisi, sisanya suku cadang. Tapi kalau masih dalam masa garansi, mungkin lebih murah dari itu.

Begitulah ceritanya, mudahmudahan jadi masukkan yang berharga dan menghindari gawai rusak karena kecerobohan. Pepatah Sunda sih bilangnya “kudu apik”, biar awet.

45 tanggapan untuk “Perkara Simcard Bolong

  1. gan, kebetulan kita senasib nih. ane mau nanya, itu kondisi tab masih garansi? ane mau masukin sevice center juga nih rencananya tp kondisi udah ga garansi hehe. sama itu service centeri dimana ya? thanks

  2. gan klu masalah nya sprti kamu itu biayanya emng 120 service nya sma jasa teknisi nya 80 itu di service di tempat service biasa atau langsung di service samsungnya gan. ?

  3. Bro, masalahnya sama kayak saya. Cuman saya pake Lumia
    Kira kira mending di bawa ke Service centre atau di tempat service biasa saja ya? Mengingat ini kesalahan saya sendiri, persis kayak punya agan, gara gara gk bisa di keluarin simcardnya

  4. kalau punya saya simcardnya nyangkut di tabnya karena motong sendiri , gimana ya gan .. mahal gak kira-kira kalau dibawa ke servise samsungnya ?

  5. hehe, ternyata banyak yang senasib…. slot sim card tab 10.1 gw jebol juga, karna masukin sim bolong, supaya mudah masukkin dan cabut micro sim. dan saat narik sim bolong nya, besi didalamnya jadi bengkok. mo gak mau harus ke service center juga neh sesuai info agan.

  6. bang kalo untuk hp china ‘Evercoss A26C’, kira2 berapa ya, tapi saya ini copot besi nya aja, gara2 pake kartu sim TEL****EL yang sekarang kan, pas mau dicopot susah, eh saya paksa, pas keluar sim card nya, ada besi kecil juga yang keluar…

  7. Sama gan samsung galaxy tab 3 10.1 saya juga gak bisa baca sim card saya ganti2 posisi biar ke baca. Eh malah ketelen saya congkel 2. Akhirnya keluar tapi pegas nya rusak. .. dan hp 1 nya juga sama sim 1 besi nya potong semua gara2 kena kartu bolong.sial sial..

  8. Saya jg py kejadian sama bgt.kalo udah ga garansi baiknya ke service biasa aja.tadi saya tanya ke service biasa biayanya 50rb.kalo ganti sparepart agak susah brgnya.hp saya bb

  9. wah senasib kita gan hp gue lenovo hanya karena masalah sepele ga sengaja iseng masukin sim card bolong pas mau dilepas ternyata susah, akhirnya gue paksa eeh kuning kuning yg di slot sim card ikutan lepas juga, trus gue bawa ke service center katanya ini udah gabung sama mesinnya kalo mau diganti harus ganti sekalian sama mesinnya harganya sekitar 80% harga hp, akhirnya gue cari alternatif lain ke counter hp yg menerima jasa servis ternyata dia nyanggupin, biayanya 170 ribu

  10. Hp saya samsung galaxy prime, slot sd card rusak saya bawa ke servisan (gak resmi) dan payahnya saya baru inget ini masih keadaan garansi. Garansinya masih berlaku apa nggak? Kira kira kalau sd card berapaan ya

  11. Tab q jg ,gara” kartu nya kekecilan gak bsa keluar setelah berusaha sekuat tenaga ternyatakaru keluat dan besi yg kuning nonjol dan aku tekan sama potongan kuku alhasil gak bsa di gunakan lagi

  12. Wahhh… Senasib, gara2 kartu Nano Telkomsel dari S7 gw masukin ke kartu bolongnya lagi biar bisa masuk ke Tab 2 10.1, ga mau masuk gw paksa n ga detect, pas mo ambil lagi, ternyata ga bisa, pake pinset dah…. JEBOLLL…. Berapaan ya biayanya betulin slot sim card Samsung Tab 2 10 Inch itu?

  13. padahal tinggal dimasukkan potongan sim card yang lebih kecil, langsung bisa keluar lagi tanpa harus merusak slot sim card-nya -_-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s