Saatnya Berhenti Menunduk Sejenak

Setahun lalu, saya berjanji kepada teman saya untuk menemaninya jalan jalan ke suatu tempat yang lumayan jauh dari Bandung. Sayangnya, dia tak bisa menepati janji dengan alasan ini itu. Sebenarnya, bisa saja saya juga membatalkan niat untuk pergi. Tapi saya merasa tanggung hanya karena ketiadaan teman saya, lantas saya pun turut batal pergi.

Saya tetap akan pergi, namun kali ini saya tak mau sekedar jalan jalan. Saya merencanakan untuk pergi tanpa membawa perlengkapan elektronik yang selama ini mengikat aktivitas saya sehari hari. Keputusan ini tiba tiba saya buat dikarenakan sesuatu yang saya dapat baru baru ini.

Seminggu yang lalu tepatnya, secara random saya membaca dan menonton sebuah video mengenai kritikan terhadap manusia saat ini (termasuk diri saya sendiri ) yang sangat ketergantungan dengan gadget. Apa yang di video jelas sangat menampar saya, saya tersadar bahwa hari hari saya lebih banyak saya habiskan untuk menunduk dan menatap layar kecil yang menyala.

Saya sadar bahwa kebiasaan saya itu berpengaruh terhadap penilaian para asisten saya yang selalu melihat saya sibuk menyentuh layar. Bahkan tak segan mereka mengejek saya dengan sebutan “Si Tablet”. Yup, mereka benar.. waktu saya terlalu banyak terbuang hanya untuk menunduk.

Meski saya menggunakan perangkat tersebut sebijak mungkin untuk mendapatkan informasi yang sulit saya dapatkan di tempat saya bekerja, namun tetap saja saya telah banyak membuang waktu untuk mengasingkan diri dari kehidupan sosial yang sesungguhnya ada di sekeliling saya.

Pengetahuan informasi saya memang menjadi luas dengan berita yang saya baca, namun ruang ekspresi saya menjadi sempit dan hanya terwakili oleh emoticon serta beberapa baris kata.

Liburan kali ini adalah kesempatan saya untuk meluruskan kembali tulang leher yang sudah menunduk terlalu lama. Mengistirahatkan mata dengan memandang cakrawala. Mengistirahatkan telinga dengan mendengar percakapan. Dan memperkaya cerita melalui percakapan dengan seseorang yang baru saya kenal di jalanan.

So,

– Turn Off Device –

Tinggalkan Balasan

