Nusantaranger, Pahlawan Super dari Indonesia

Beasts-1600x1000

Di suatu jeda di masa kini, saya tidak sengaja menemukan sebuah resensi tentang komik online citarasa lokal. Sebut saja judulnya adalah Nusantaranger. Komik ini memang berbau lima sekawan superhero macam powerrangers, tapi nuansa lokal ke-Indonesia-annya sangat terasa dan tidak asal asalan.

Mulai dari jagoan jagoannya yang merupakan perwakilan dari tiap tiap pulau besar di Indonesia, hingga simbol Ruh yang memakai satwa satwa endemik di tiap pulau tersebut.

Karakter1

Ceritanya sendiri baru berjalan beberapa chapter. Mungkin saya menilai terlalu tinggi, tapi membaca konsep cerita yang ingin mereka buat, bolehlah saya berharap kalau komik ini memang bisa menjadi komik yang mengangkat unsur lokal yang jarang sekali muncul.

Membaca komik ini mengingatkan saya akan project teman saya sewaktu SMA dulu. Waktu itu dia hendak membuat sebuah komik yang bercerita tentang pertarungan layangan (bukan jagoan superhero memang). Mendengar konsep pertarungan layangan sendiri sudah menarik, apalagi jika sampai divisualisasikan dengan menggunakan istilah istilah permainan layangan yang sangat lokal.

Bagi saya, pertarungan layangan adalah angin segar di tengah tengah gempuran komik komik luar dengan permainan tamiya, zoids, kartu deck, beyblade yang merajalela. Sayang, saya tidak tahu bagaimana kelanjutannya.

Begitu pula dengan Nusantaranger, saya kira komik ini adalah penyegaran terhadap integritas bangsa. Negeri ini butuh superhero yang bisa menyatukan perbedaan. Bukan politikus politikus yang malang melintang di televisi, berakting bahwa mereka dekat dengan rakyat (diiklannya).

Negeri ini butuh jagoan untuk diidolakan oleh anak anak bangsa. Bukan hanya bocah lugu dari tetangga sebelah, atau sekumpulan domba, atau beruang dan gadis kecil yang entah di mana emaknya.

Si Buta dari Gua Hantu mungkin sudah kembali ke gua, Wirosableng juga sudah harus bolak balik psikiater, Gundala kalah pamor sama tukang palu dari amerika, Gatotkaca sibuk benerin kumis. Jadi bolehlah saya berharap jika Nusantaranger menjadi jagoan idola. Sama halnya dengan Bima si Satria Garuda.

Oia, saya juga sengaja membeli merchandise Nusantaranger. Buat saya yang selama ini bekerja dengan satwa liar, kaos Nusantaranger itu sesuatu banget. Sekalian juga bantu support mereka, biar makin semangat bikin komiknya.

P4080057

P4080058

2 comments

  1. Agung Rangga · April 12, 2014

    Wuah, kaosnya keren ya kak.😀
    Maju terus deh buat komik indonesia~🙂

  2. alinaun · April 13, 2014

    Di youtube juga ada life action pahlawan bertopeng Indonesia. Bagus juga, lho

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s