Mari Makan

Di salah satu postingan lama yang saya tulis, saya baru ingat bahwa di bulan yang sama pada tahun lalu saya telah memutuskan untuk berhenti mengonsumsi makanan yang menggunakan daging. Tepatnya sih daging ayam dan segala jenis daging merah.

Dan selama satu tahun ini, komitmen saya ternyata bisa saya penuhi. Saya bisa menolak makanan yang mengandung daging. Namun tidak sepenuhnya murni, karena hampir rata rata mengandung daging dagingan, seperti yang ada dalam bumbu masak bahkan mie instan. Untuk kasus tersebut saya tidak bisa menolak, namun daging dalam bentuk fisik masih bisa saya hindari.

Intinya sih bukan pada apa yang saya makan ada daging atau tidaknya. Keputusan saya beralih pola konsumsi adalah sebuah pilihan dalam hidup. Makan ayam ciken cikenan atau sate memang tidak senikmat dibandingkan tumis cabe kecap. Makan steak atau ayam kfc juga bukan berarti status sosial meningkat. Setidaknya saya masih hidup dan makan.

Saya tidak banyak merasakan perubahan pada diri saya seiring perubahan pola konsumsi. Saya tetap kurus, saya tetap beraktifitas, saya tetap bekerja, dan saya tetap boros di pengeluaran.

Apa yang mungkin saya rasakan adalah bagaimana saya menjalani ini tanpa keberatan sehingga tak perlulah bagi saya mengeluh atas kekurangan yang ada. Saya memilih ini bukan berarti saya tidak menikmati hidup, tapi saya tahu apa yang terbaik buat hidup saya.

Maka tidaklah perlu bagi saya untuk mengeluhkan kekurangan kecil pada sebuah cita rasa. Kalau ada yang bertanya apakah saya akan tetap seperti ini, kenapa tidak. Selama saya masih bisa menikmatinya kenapa harus berhenti.

Oleh karena itu, selamat makan.

20131226_152111

3 comments

  1. Felly · April 7, 2014

    selamat sudah menjadi berani!🙂

    • Ismail Agung · April 8, 2014

      Ente kapan fel?

      • Felly · April 10, 2014

        dalam perjalanan menuju ke sana .. udah lama vegan di rumah/kostan, di luar rumah sih masih selective omnivore

Tinggalkan Balasan

