Penangkaran dan Ternak Kukang, Mungkinkah?

the javan slow loris conservation program

Di blog ini, ada satu postingan yang paling banyak dikunjungi oleh pemirsa jagad dunia maya, yaitu postingan mengenai potensi penyakit pada kukang yang dipelihara. Klo sempet nge-search via google dengan kata kunci KUKANG, setidaknya postingan tadi nangkring di halaman utama.

Maksud dari membuat postingan tersebut tentu saja untuk memberikan informasi seluasluasnya kepada masyarakat umum perihal baik buruknya memelihara kukang. Bukan maksud menakut nakuti, tapi ini adalah fakta yang saya dapat dan bersumber langsung dari dokter hewan yang selama ini bertugas menangani kukang di pusat rehabilitasi.

Pro-kontra tentu saja ada. Melalui kolom komentar, banyak opini yang dilontarkan. Mungkin sebagian ada yang tersadarkan, sebagian lainnya memang sudah sadar, sebagian yang lain masih keukeuh dengan kekontraannya.

Oke, saya termasuk individu yang tidak setuju dengan yang namanya kukang untuk dipelihara. Alasannya banyak, mulai dari segi kesehatan, segi konservasi, hingga dari segi kesejahteraan satwa. Bagi yang keukeuh sumereukeuh, tetap saja alasan tersebut belum tentu bisa diterima. Sampai mulut berbuih pun.

Kadang saya jadi bingung sendiri, mau menjelaskan dengan cara apa lagi.

Dari sekian banyak komentar yang masuk, ada juga yang cukup terbuka dengan sebuah wacana berupa ide yaitu menernakan (ternak) kukang atau istilah kerennya penangkaran. Konsepnya mungkin sama seperti penangkaran buaya muara, burung jalak bali, rusa bahkan arwana.

Kenapa tidak dengan penangkaran kukang?

Setidaknya dengan adanya penangkaran kukang, keberadaan dan ancaman kukang di alam bisa ditekan. Para peminat pemelihara kukang tentu saja tidak lagi harus memelihara kukang ilegal. Mereka bisa beralih ke kukang hasil penangkaran yang telah disertifikasi.

Begitulah kiranya garis besar ide menangkarkan kukang yang disampaikan oleh salah seorang komentor.

Apakah ide penangkaran kukang bisa dilakukan? Baiklah, sebelum saya menjawab bisa atau tidaknya, mungkin saya akan coba riset probabilitasnya terlebih dahulu.

Berhubung saya tidak bisa menjawabnya sekarang, dan saya akan cari cari dulu informasi perihal ternak menternak. Maka oleh karena itu, beri saya waktu untuk mengumpulkan data.

Tapi kalau ada yang punya ide, pendapat, informasi atau hal hal yang terkait. Boleh dong berbagi di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s