Sadewa

image

Ini dia Sadewa, si owa pejantan penghuni baru Gunung Malabar yang selalu bikin saya ketar ketir setiap kali saya harus memantau pergerakannya.

Saya memang sedikit trauma menghadapi Sadewa. Dia ini cenderung berani menghadapi manusia, berbeda jauh dengan sang betina Kiki yang selalu sembunyi bila ada sedikit suara di sekitarnya.

Tak jarang saya dan rekan rekan cemas bilamana terdengar suara gaduh dari kejauhan. Wisatawan yang berteriak teriak, ibu ibu yang karaokean, bahkan tangisan anak kecil bisa memicu emosi Sadewa dan Kiki.

Terkadang kami harus mengalihkan perhatian mereka, bahkan menggiring mereka untuk bergerak menjauh dari sumber suara ke tempat yang lebih tinggi. Dan tentu saja itu tidak mudah, karena mereka cukup pintar untuk memedulikan kami manusia manusia berseragam kurakura hijau.

Cara yang paling efektif tentu saja mengunakan jasa pawang owa yang sudah lima tahun menggurus mereka. Entah aura apa yang dimiliki Mul sebagai keeper sehingga membuat mereka ketakutan. Mungkin Sadewa sudah bosan bertemu dengan Mul selama lima tahun ke belakang. Atau jangan jangan…. heum.

Sebenarnya, memang sudah seharusnya mereka untuk takut kepada setiap manusia yang mereka temui. Saya jadi ingat perkataan Clare, salah seorang supporter program kami bahwa kami harus membuatnya takut. Membuat mereka takut dengan tujuan mendidik agar mereka tahu bahwa tidak semua orang yang mereka temui nantinya adalah orang baik. Dan karena tidak semua orang baik, maka seharusnya mereka waspada dan menjauh dari penampakan manusia. Begitu katanya..

Sayangnya Sadewa tidak takut sama saya. Entah kenapa… mungkin muka saya terlalu baik untuk ditakuti, mirip kakek satu ini

image

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s