Menjelajahi Rumah Baru

sadewa

Terkadang, tidak semua prediksi yang diasumsikan bisa berjalan begitu saja. Begitu pula dengan kisah perjalanan Sadewa dan Kiki.

Sebelumnya saya mengasumsikan mereka akan bergerak naik masuk ke lokasi hutan alam yang penuh dengan pakan alam. Saya berpikir demikian karena jika mereka merasa lapar, tentu saja mereka akan mencari makan terlebih dahulu.

Namun tidak demikian ceritanya. Sadewa dan Kiki justru mencoba mengeksplorasi wilayah barunya melalui penampakan manusia yang hadir di sekitarnya. Mereka lebih tertarik untuk mengamati manusia ketimbang mencari makan. Dan hal ini lah yang membuat mereka turun menuju kawasan hutan pinus.

Jujur saya khawatir.

Kondisi ini ditambah dengan maraknya wisatawan yang hilir mudik di sekitar area pelepasan pada hari minggu pagi. Aktivitas dan keributan mereka memancing Sadewa untuk turun lebih jauh hingga batas akhir hutan pinus. Kehadiran Sadewa di pinggir hutan tentu saja menjadi objek perhatian banyak orang yang takjub melihat Owa untuk pertamakalinya.

Saya tidak bisa mengusir Sadewa untuk pergi karena dia berada jauh di atas pohon. Yang bisa saya lakukan saat itu adalah mengamankan rasa keingintahuan orang orang untuk tidak maju semakin mendekat dan berbuat sesuautu yang tidak seharusnya.

Pada akhirnya Sadewa pergi menjauh setelah bosan berkeliling di batas hutan. Ia kembali ke tempat dimana dia dan Kiki berpisah. Beruntungnya, Kiki tidak terlalu tertarik untuk mendekati manusia. Dia lebih menikmati kebebasannya.

Tidak banyak yang bisa mereka lakukan di hutan pinus. Pohon ringkih yang cabangnya mudah patah, buah yang bergetah dan kanopi yang terbuka. Bukan hutan yang ideal untuk mereka tinggal.

Namun setidaknya mereka telah belajar untuk mengeksplorasi rumah barunya. Bergelayut dari satu pohon ke pohon lainnya. Mencari tempat idaman untuk mereka tinggali. Dan semoga saja mereka bisa menemukannya, jauh dari hingar bingar manusia.

One comment

  1. Linda · Juli 2, 2013

    semua akan lebih baik kalau kita berusaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s