Satu Bulan Lagi

Dua hari yang lalu adalah tepat satu tahun saya berada di Celebes. Dan itu juga berarti kontrak kerja saya sudah usai. Done-Finish-No more left-Pass-Beres-Atosan-Ngeusan. Tidak ada perpanjangan durasi kontrak, karena dari awal memang target kerja hanya setahun saja. Lagipula bos saya juga sudah pulang ke rumahnya di Swiss.

Seharusnya, setelah masa kontrak usai saya kembali pulang ke tanah Pasundan. Tapi, saya mengubah rencana untuk tinggal sedikit lebih lama di Celebes, sekitar satu bulan lah. Saya sudah kepalang janji untuk kembali terlibat di Pusat Penyelamatan Satwa Tasikoki sebagai relawan. Bulan lalu saya pernah di sana untuk mengisi liburan selama dua minggu, dan masih banyak tugastugas/sumbangsih yang belum beres untuk saya berikan.

tasikoki

Bekerja di tempat ini sebenarnya tidak menghasilkan profit income, malah seharusnya relawan membayar sekian biaya untuk bisa bekerja di sana. Untungnya saya Indonesia, dimana tidak dikenakan biaya sama sekali dan terfasilitasi.

Sistem volunteer membayar sulit untuk berlaku bagi WNI, malah terkadang relawan justru dibayar. Sayangnya jarang banget ada relawan lokal yang mau kerja di sana (ada sih tapi ga banyak). Padahal asyik tuh, siapa tahu nemu jodoh bule (ups!) dan belajar banyak hal tentang kesejahteraan satwa.

Kerja sebagai relawan emang ga bikin kaya dompet, tapi setidaknya pekerjaan seperti ini memperkaya hati, memperkaya pengalaman, memperkaya softskill, dan juga memperkaya CV. Selamat hari relawan untuk mereka yang pernah jadi relawan. Sudah lewat ucapannya, tapi ngga rugi ah untuk menyampaikannya.

Balik ke rencana saya, saya akan kembali dan menggambar sebanyak yang saya bisa… tunggu saja.

Tinggalkan Balasan

