Ketika Saya Kembali ke Bandung..

Ada beberapa hal yang harus saya lakukan sekembalinya saya nanti di Bandung.

1. Perpanjang KTP

Yeah, KTP saya sudah expired Agustus kemarin dan tidak memungkinkan untuk memperpanjang via telepati, telephone, bahkan skype. Mau nggak mau saya harus datang ke kantor desa begitu pulang ke rumah Abah nanti. Actually, i’m totally zero experience about how to get identity card. Padahal saya sudah dua kali punya KTP. Maksud saya, saya pernah kehilangan dompet beserta isinya dan terpaksa bikin KTP baru lagi dan itu semua tanpa saya ketahui prosesnya seperti apa. Semua sudah diatur oleh Abah saya. Beliau hanya minta pas foto dan tanda tangan, ta daaaa… besoknya sudah jadi.

Next time, I will do by my self. Surely.

2. Mutasi Tabungan

Satu satunya rekening tabungan yang saya punya hanya tabungan mahasiswa. Itu juga bukan saya yang minta, UNPAD tiba tiba ngasih begitu aja ketika saya setor uang masuk. Dan hingga kini, alhamdulillah masih terpakai berikut buku tabungannya yang sudah lecek dan habis halaman.

Berhubung saya punya penghasilan tetap selama satu tahun ini, maka kiranya visi saya adalah menabung untuk hari esok. Dan karena buku tabungan saya sudah mencapai halaman terakhir, maka saya berinisiatif untuk meminta buku baru. Sialnya, ternyata tidak bisa diproses. Lebih tepatnya, saya menyalahi aturan karena saya tidak lagi seorang mahasiswa. Begitu saya tidak lagi bergelar mahasiswa, seharusnya saya lapor ke bank dan mengubahnya ke tabungan umum.

Oke, lalu saya minta saja untuk mengubahnya ke tabungan umum yang menurut saya biaya bulanannya 10x lipat lebih tinggi dari tabungan mahasiswa (mahasiswa per bulan Rp. 1000 : umum per bulan Rp. 10.000). Dan lagi jawabannya tidak bisa diproses. Hanya bisa diproses di Bank di mana saya membuka akun. Dengan kata lain hanya di Dipatiukur, Bandung. Terus saya musti balik Bandung dulu gituh?

Oke, solusi terakhir adalah saya terpaksa membuka rekening baru. Ini juga prosesnya agak lama karena harus punya surat sakti dari kelurahan yang menyatakan bahwa anda sedang berdomisili di kampung ini -Surat Keterangan Domisili. Yang membuat lama bukan petugas kelurahannya, tapi menejer saya yang little bit lelet mengurusnya.

Akhirnya, saya punya tabungan baru dengan alamat kantor cabang MANADO. Just in case kalo suatu hari nanti saya punya komplain, dan ternyata tidak bisa diproses kecuali di Bank di mana saya membuka rekening.

3. Ijasah yang tertunda

Craziest thing. Saya sarjana sains sejak dua tahun lalu, bener bener sarjana. Saya punya skripsi, sudah di sidang, sudah direvisi, dan sudah di wisuda. Tapi hingga kini saya belum punya ijasah sarjana. Hanya dengan modal “saya sarjana” di dalam CV, saya sudah cukup meyakinkan orang orang yang meng-hire.

Mungkin mereka lebih tertarik untuk melihat CV saya ketimbang pas foto hasil manipulasi photoshop dalam ijasah. Lagipula saya tidak sanggup untuk menjelaskan betapa besarnya IPK yang saya miliki. Sangat sangat sangat… heum nice.

Rencana saya adalah kembali ke kampus dan mengurus beberapa persyaratan yang dibutuhkan untuk mengambil ijasah. Seperti tanda tangan kedua dosen pembimbing, tanda terima perpustakaan, lalu tanda tangan Sekretaris Jurusan. Dua syarat utama sebenarnya saya sudah punya, tapi sepertinya sudah hilang. Sedangkan syarat yang terakhir, this is the hardest part. Ada sebuah janji intern antara saya dan Sekjur.

Untungnya beliau tak lagi Sekjur, sudah ada Sekjur baru sejak tahun lalu. Mudah-mudahan Sekjur lama tak menitip pesan kepada Sekjur baru untuk menagih janji yang tertunda. Apa beliau masih butuh janji saya? Ah I don’t think so…

Semoga saja semua bisa dilaksanakan… dengan mudah.

2 comments

  1. wildfachdi · Desember 19, 2012

    harr ituh… sugan teh tos gaduh ijazah sarjana… berarti lebih dari dua setengah tahun tah tidak di ambil.. halah halah….

  2. nurediyanto · Januari 15, 2013

    kecakapan kita adl ijasah sbenar2nya :Dkecakapan kita adl ijasah sbenar2nya😀

Tinggalkan Balasan

