Kacang si Pendekar Yaki

Namanya Kacang, salah satu remaja dari grup Rambo II.

Setiap kali saya melihat Kacang selalu mengingatkan saya sama salah satu pendekar silat yang saban hari nongol di Indosiar waktu SD dulu. Yoko si Pendekar Rajawali yang diperankan oleh aktor kawakan mandarin Andy Lau.

IMG_0842

Tangan buntung si Yoko yang piawai adu silat persis seperti si Kacang. Sama sama buntung hanya saja si Kacang lebih piawai memanjat pohon ketimbang adu jurus.

Lalu apa sabab musabab Kacang kehilangan tangan kanannya?

Well, kejadiannya sudah berlangsung lama sekali. Jauh sebelum saya datang dan bergabung di Tangkoko. Jadi waktu itu sekitar 3 tahun yang lalu ketika kacang masih belum remaja, dia terperangkap oleh jerat burung yang dipasang oleh oknum nakal.

Jerat burung yang terbuat dari tali senar tersebut terikat tepat di pergelangan tangan kanan Kacang. Monyet yang panik tentu saja tidak berpikir untuk melepaskan simpul tali yang mengikat. Ia justru memberontak untuk lari dari jerat yang mengikatnya. Semakin ia memberontak dan menarik talinya, semakin erat simpul tali tersebut mengikat pergelangannya.

Hingga akhirnya tali tersebut putus. Bisa jadi putus karena ditarik dengan kuat atau mungkin juga digigit. Sayangnya, tali yang melingkar di bagian pergelangan masih terikat erat dan terpasang selama berhari hari.

Aliran darah terhalang. Lambat laun si tangan membusuk. Belum lagi luka sobekan akibat tali yang mengiris kulit dan daging. Dan pada akhirnya, tangan yang membusuk itu terputus dari induknya.

Beruntung, tangan yang putus tersebut tidak mengalami infeksi. Kacang masih bisa bertahan hidup, walau pada akhirnya ia harus hidup dengan kondisi fisik yang tidak lengkap.

Hingga saat ini, Kacang seakan menjelma menjadi primadona tersendiri bagi grup Rambo II, khususnya bagi para wisatawan yang terheran heran ketika melihatnya.

Terkadang saya merasa ringkih acapkali melihat Kacang berlari dan memanjat pohon dengan sebelah tangannya. Tapi sepertinya dia sudah terbiasa dengan kekurangan yang dimilikinya. Dan dia beraktivitas sama seperti monyet remaja lainnya. Bermain.

Be Strong Kacang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s