Kaetnan

Perempuan satu ini adalah partner saya selama penelitian Yaki. Hidung mancung kulit putih rambut kemerahan, pastikan saja dia adalah bule peranakan Skotlandia namun tumbuh besar dan berkembang di Amerika. Tepatnya California, masih tetangga dekat sama Kali Angke.

kaetnan kaetnan

Saya salut sama dia karena dia datang jauh jauh dari negeri paman Sam dengan status relawan. Yup, secara sukarela alias tanpa dibayar. Bahkan ongkos perjalanan dari amrik ke Indonesia pun (PP) dia tanggung sendiri.

Lalu kenapa sih dia mau susah payah keluar masuk hutan, padahal banyak bule bule lain justru memilih untuk bersenang senang berwisata menikmati keindahan negeri kita tercinta. Simple aja jawabannya, “experience”.

Hingga saat ini, Kaetnan hanyalah lulusan sarjana antropologi. Setidaknya dengan tambahan list experience di lembar CV-nya tentu akan membuka peluang baginya untuk menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi, menjadi seorang Master atau bahkan Doctor, atau peluang pekerjaan yang lebih mumpuni selain SPG toko baju yang pernah dijalani sebelumnya.

Kaetnan memang bukan satu satunya bule yang pernah saya kenal rela ngebela belain keluar masuk hutan demi memperkaya CV. Beberapa bule yang saya kenal sewaktu ekspedisi di kalimantan pun mengatakan bahwa mereka bangga telah menorehkan pengalaman bekerja di hutan tropis. Menurut mereka, pengalaman di hutan tropis jauh lebih bernilai ketimbang hutan lainnya. Sekecil apapun pengalaman yang mereka dapatkan, akan sangat berguna untuk merengkuh kesempatan lainnya yang lebih besar.

Sebelumnya, saya juga sering keluar masuk hutan. Namun experience yang saya dapatkan hanya rasa lelah dan bangga akan kata “pernah menaklukan”. Berbeda dengan mereka yang mengatakan “pernah melakukan”.

note: Kaetnan bukanlah nama sebenarnya. Nama aslinya adalah Caitlin. Kesalahan ada pada orang Bogor yang kesulitan mengeja namanya ketika meng-sms.

5 comments

  1. Senjakala Adirata · Agustus 12, 2012

    oh….

    • Ismail Agung · Agustus 12, 2012

      ngga musim cuman bilang “oh”. sekarang mah musti bilang “WOW” gitu.

      hehehe

      • Senjakala Adirata · Agustus 12, 2012

        iya dah😀 sebenarnya bingung aja nama Kaetnan sama Caitlin. hahahaha

  2. spizaetus · Desember 8, 2012

    semena-mena ngubah ngaran batur akwoawkoakawoawko
    cik nomor hape manehna gung #eh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s