Saat Angin Berhembus Kencang (tips)

pohon tumbang Angin selatan kembali berkunjung.
Entah dalam rangka apa.
Yang jelas kehadirannya membuat saya panik setiap kali mereka berhembus kencang.
Daun-daun berguguran,
ranting-ranting melenting -bahkan patah dibuatnya-,
pohon pohon bertumbangan,
dan jemuran saya beterbangan.
menjelang petang di hutan

Saya mau berbagi tips ah, bagi siapa saja yang mau berkegiatan di alam dan kebetulan sedang banyak angin kencang. Ada beberapa hal yang musti diperhatikan agar terhindar dari marabahaya angin kencang. Berikut adalah beberapa tips yang saya rangkum berdasarkan pengalaman sehari-hari.

1. Hindari penggunaan audio hiburan (ipod, mp3player, walkman, dll) yang terhubung dengan instrumen seperti earphone, headphone, bahkan speaker dahsyat mito keluaran Limbad. Audio hiburan mengalihkan kewaspadaan kita terhadap suara-suara yang disebabkan hembusan angin kencang, semisal ranting patah -kalau merasa bete karena mendengar sunyi alam, lebih baik pergi ke mall atau tempat clubbing-.

2. Berhenti sejenak ketika angin berhembus kencang. Usahakan untuk memperhatikan gerak gerik mencurigakan dari pepohonan di sekitar anda. Siapa tahu salah satunya adalah pelaku yang bisa saja menimpa anda.

3. Perhatikan kondisi pepohonan yang anda gunakan sebagai tempat berteduh. Pohon kering mudah sekali untuk patah. Pohon tua dan besar belum tentu jaminan meski memiliki perakaran kuat, karena bagian atas pohon cenderung rapuh dimakan usia.

4. Perhatikan arah angin berhembus. Antisipasi bila ada pohon tumbang, maka sebaiknya tidak berlari ke arah yang sejalur dengan angin.

5. Bila mendengar suara patahan ranting yang tiba-tiba, segera lindungi bagian kepala menggunakan kedua lengan (bukan menutupi dengan telapak tangan).

6. Pilih area terbuka bila ingin mendirikan tenda atau hammock (tempat tidur gantung).

7. Usahakan menggunakan sepatu jika akan trekking. Setidaknya melindungi kaki anda dari ranting-ranting bekas jatuhan yang berserakan.

8. Perlindungan total gunakan helm. Half face, full face, helm kontraktor, helm TNI, apapun yang bisa digunakan untuk melindungi kepala anda.

Mungkin hanya ini saja yang bisa saya rangkum. Jika ada yang mau ditambahkan mangga dengan senang hati..

Semoga bermanfaat🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s