agustus nanti.

Bulan ini seharusnya saya memberikan presentasi kepada om-tante penjaga hutan. Sayang, acaranya harus dibatalkan karena bapak pimpinan sedang tidak ada di tempat dan ditunda hingga dua bulan ke depan.

Well. it sucks!

Terlebih lagi ketika tahu bahwa semua ini dibatalkan sehari sebelumnya. Semua persiapan dalam beberapa hari ke belakang seakan buyar dalam beberapa detik.

Mungkin saya senang juga, karena saya tidak harus menghabiskan 20 menit waktu saya untuk membusakan mulut dengan cerita yang sebenarnya sudah mereka ketahui. Kisah-kisah kecil tentang hal-hal yang seharusnya mereka lakukan -karena memang itulah pekerjaan mereka. Ceritacerita yang membangun solusi namun sebenarnya mereka juga sudah tahu solusinya. Ceritacerita tentang bagaimana seharusnya mereka bertindak akan tetapi tidak banyak tindakan yang mereka lakukan. Hanya sebuah ceritacerita kecil yang semakin menumpuk setiap harinya.

Wajar, karena beginilah kami, orang Indonesia. Dari setiap tempat yang pernah saya kunjungi, mereka semua terlihat sama. Seragamnya, birokrasinya, tindakannya, bahkan cara berpikirnya. Semua terlihat sama. Padahal orang-orangnya berbeda, latar belakang yang berbeda, bahkan tidak sedikit dari generasi yang berbeda pula.

Bisa jadi saya tidak sepenuhnya benar. Mungkin beberapa di antara mereka ada juga yang tidak wajar. Seperti jiwa-ijwa muda yang masih memilki idealisme memperbaiki keadaan. Namun sepertinya keberadaan mereka akan tergerus oleh sistemnya sendiri. Sistem yang menaungi tentang bagaimana mereka seharusnya bekerja.

Seiring waktu, mereka hanya punya dua pilihan. Ikut atau keluar.

Bulan agustus nanti saya akan memberikan presentasi. Mungkin iya, mungkin entahlah.

Tinggalkan Balasan

