Kudeta

Sudah dua hari berlalu sejak cedera yang dialami Eros. Dan kini, Eros tak lagi istimewa di grupnya.

Dia bukan lagi jantan alfa, jantan yang memiliki kuasa tertinggi dalam akses seekor penjantan. Padahal baru satu bulan Eros menikmati puncak hierarki. Pastinya belum banyak akses yang bisa dinikmati selama rentang tersebut.

Jantan-jantan dewasa yang posisinya berada di bawah Eros mulai bertindak mengambil alih. Jantan beta secara langsung menjadi alfa berikutnya, jantan gamma menempati posisi beta, sedangkan jantan yang sebelumnya menempati urutan paling bawah bertukar posisi dengan Eros yang kini menempati kasta terendah dalam grup.

Sistem hierarki baru ini belum sepenuhnya stabil. Peralihan tampuk kepemimpinan jantan alfa membuka peluang bagi jantan-jantan lain untuk meningkatkan posisinya lebih tinggi dari sebelumnya.

Meskipun posisi alfa kini digantikan oleh jantan beta sebelumnya, belum bisa dijadikan jaminan bahwa si jantan alfa yang baru bisa mempertahankannya. Malah bisa saja terjadi pengkudetaan dari jantan lain yang berhasrat untuk menjadi alfa.

Bukan hanya itu saja, ketidakstabilan sistem hierarki juga memberikan peluang kepada jantan-jantan asing di luar dari grup untuk masuk menjadi anggota grup dan bisa jadi mengincar posisi alfa. Dengan kondisi seperti ini, pintu persaingan untuk menjadi no 1 terbuka lebar bagi siapa saja.

Kalau sudah begini, maka hukum seleksi alam berlaku bagi setiap monyet,

“Yang kuat, bertahan. Yang lemah, tersingkir”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s