Yaki goes to Trans TV

trans tv interview (2)

Liputan Yaki (Macaca nigra) untuk sebuah program acara televisi memang bukan yang pertama kalinya. Sudah banyak stasiun televisi yang menyiarkan Yaki dan wisata alam Tangkoko. Mulai dari BBC, Trans7, Kompas TV, dan saya tidak tahu lagi.

Satu minggu yang lalu beberapa kawan dari program acara Jelajah di Trans TV melakukan liputan mengenai Yaki. Menurut kru, konsep yang mereka buat tidak seperti acara jalan-jalan seperti yang sudah-sudah oleh stasiun TV lain. Katanya sih mereka ingin menampilkan Yaki berdasarkan sisi penelitian yang sudah banyak dilakukan hingga saat ini. Semacam factlist gitu deh.

trans tv interview (1)Oleh karena itu, selama satu minggu kru mengikuti aktivitas Yaki seharian. Mulai dari bangun, hingga tidur. Selain dari itu, mereka juga merekam perilaku-perilaku khas Yaki, seperti mencari makan/feeding, menelisik/grooming, kawin/mating, menguap/yawning (menunjukkan gigi taring), bermain, hingga panggilan keras/loud call oleh jantan.

Pada hari terakhir kru mencoba mewawancarai salah seorang peneliti Yaki yang saat ini sedang melakukan penelitian. Bukan saya. Tapi bos saya, Pascal Marty. Pada sesi wawancara tersebut, ada beberapa pertanyaan yang tentu saja berkaitan dengan Yaki.

Kata bos saya, beberapa dari pertanyaan tersebut ada yang mudah untuk dijelaskan tapi ada juga yang cukup membingungkan untuk dijelaskan. Misal,

“How close are  Yaki to Humans?”

Apakah dekat secara kekerabatan, atau dekat secara skala jarak centimeter. Meskipun ada jawabannya, dia bingung menjelaskannya. Hehehe.

Pengen tahu jawaban dari pertanyaan di atas, atau pengen lihat Yaki itu seperti apa perilakunya. Bisa kawan-kawan saksikan liputannya di Trans TV pada program Jelajah pada tanggal 6 Mei pukul 9.00 pagi WIB (kalau nggak salah dan sewaktu-waktu jam tayang bisa berubah).

Selamat menonton Yaki🙂

3 comments

  1. Hijihawu · April 26, 2012

    Tanggal 6 .. Eh, how close ya… ?😀

    • Ismail Agung · April 26, 2012

      jika jadwal tayang tidak berubah sewaktu-waktu🙂

  2. Interior Design · April 30, 2012

    wa seru kali yah melihat langsung keseharian dari hewan..
    nice post kawann.

    Di tunggu kunjungan baliknya yah..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s