Tarsius spectrum

Akhirnya kesampaian juga majang foto Tarsius di blog. Sayangnya, lagi-lagi ini bukan hasil karya jepretan saya. Masih sumbangan foto dari saudara Irawan Halir.

Tarsius spectrum Tarsius spectrum

Tangkasi (dalam bahasa lokal Minahasa dan mulai dilupakan) atau Spectral Tarsier (dalam bahasa Inggris) atau juga Tarsius spectrum (dalam bahasa latin) adalah salah satu primata mungil yang bisa ditemukan di hutan Tangkoko.

Primata nokturnal ini menjadi salah satu primadona bagi turis asing yang berkunjung. Hal yang selalu dijanjikan oleh para pemandu kepada turisnya bahwa mereka bisa melihat Tangkasi. Bahkan di siang hari.

Kalau ada yang bertanya, berapa jumlah populasi Tangkasi di hutan Tangkoko? Mungkin bisa dikategorikan banyak. Hampir setiap menjelang pagi atau malam saya mendengar suara cicitannya di balik rerimbunan pohon. Tapi belum pernah melihatnya secara langsung pada saat mereka sedang aktif bersosialisasi.

Namun dari sekian banyaknya suara Tangkasi yang saya dengar, hanya ada dua lokasi yang sering digunakan oleh para pemandu untuk para turis. Tangkasi di kedua lokasi tersebut cukup terhabituasi dengan kehadiran manusia. Jadi mereka sudah tidak merasa aneh jika melihat gerombolan manusia datang dalam jumlah banyak disertai kilatan cahaya lampu kamera yang mengabadikan mereka.

Walaupun tidak bisa dibenarkan caranya, tapi setidaknya itu lebih baik ketimbang mengeksploitasi seluruh isi kekayaan yang ada di hutan dengan atas nama “pariwisata”.

2 comments

  1. sigit rimba sondaica · April 12, 2012

    mantab gung,…. tong bosen share elmu na nya.. jadi si gue tiasa diajar oge hahahahaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s