3 Jenis Satwa Ini Bukanlah Kukang

Ternyata masih banyak orang yang salah kaprah menyebut Kukang ataupun mengenali Kukang. Dan berikut adalah nama-nama satwa yang acapkali muncul di televisi ataupun keseharian kita yang sering disalahartikan namanya menjadi Kukang dan Kukang menjadi mereka.

King Julian (Madagascar)

King Julian XIII adalah salah satu karakter dari Madagascar. Entah kenapa dalam dubbing Indonesia beliau disebut sebagai Kukang, padahal aslinya dia adalah seekor Lemur Ekor-cincin. Untungnya, mereka masih sama-sama seekor primata. Hanya saja, Kukang hidup di Asia sedangkan Lemur hidup di Madagascar.

Syd (Ice Age)

Si konyol salah satu dari karakter Ice Age. Sulih suara Indonesia menyebutnya sebagai nenek moyang Kukang. Tetapi lihat dulu cakar-cakar panjangnya. Kukang tidak bercakar, tapi dia berkuku (salah satu ciri primata). Mari kita bandingkan dengan satwa di sebelahnya. Terlihat mirip bukan. Syd adalah Sloth, sejenis mammalia pemakan daun yang hidup di Amerika Selatan dan sebagian dari Amerika Utara.

Kuskus


gambar paling atas adalah Kuskus, sedangkan bagian bawah adalah Kukang Sumatera

Banyak pedagang ilegal yang mengatakan Kukang dengan sebutan Kuskus. Sebuah pembodohan publik yang semakin lama semakin merasuk dan menjadi kebiasaan umum. Baiklah, kita perlu sebuah penegasan bahwa Kuskus bukan Kukang dan Kukang bukan Kuskus.

Kedua satwa tersebut adalah berbeda. Butuh penjelasan lebih rasional, coba saja perhatikan kedua gambar di atas. Berbeda bukan. Atau biar lebih jelasnya bisa mampir ke link berikut untuk tahu lebih banyak.

– Kukang

Kuskus

Kuskus bukan Kukang.

Lalu, apa pentingnya untuk mengenal Kukang sebagai Kukang?
Tentu saja penting, udah ga jaman kali roman picisan Shakespeare yang mengatakan “Apalah arti sebuah nama”.

Dengan mengenal Kukang sebagai Kukang, akan membantu kita untuk lebih tahu dan mengenal apa, siapa dan bagaimana Kukang itu sebenarnya. Dengan mengenal Kukang kita akan mendapatkan intrepetasi yang tepat mengenai kondisi Kukang yang terancam dan merupakan bagian dari identitas bangsa.

Sudahkah kita berkenalan dengan Kukang?
Ayo kita berkenalan dengan Kukang!

7 comments

  1. indri · November 3, 2011

    jadi bahasa indonesianya sloth itu apa?

    • Ismail Agung · November 7, 2011

      sepertinya tidak usah membahasa indonesia-kan Sloth. Karena dia bukan satwa pribumi Indonesia, cukup saja kita memanggilnya Sloth. Make sense

      • PecintaBInatang · Juli 7, 2013

        Anda salah! sloth juga termasuk satwa yg dilindungi asli indonesia ini kukang jawa atau kukang pemalas! liat terbukti saking hewan ini mau punahnya bahkan anda sendiri tidak tahu kalo indonesia punya satwa ini/ menyeduhkan sekali!

      • Ismail Agung · Agustus 4, 2013

        Oh sloth termasuk satwa asli indonesia? Saya cek sini dulu ya…

  2. alamendah · April 11, 2012

    Wah, artikel saya masuk rekomendasi, ki. Terima kasih.

  3. PecintaBInatang · Juli 7, 2013

    ada kesalahan translate dalam hal Lemur, mungkin pihak dubber memakai Google translate, disitu lemur kalau diartikan kukang/pukang padahal dikamus bahasa indonesia sudah lama Lemur dipakai sebagai rujukan nama hewan Lemuridae.

    dan Sloth (Bradypodidae/Megalonychidae) sendiri dalam bahasa indonesia sebenarnya adalah memang kukang tapi juga bisa merujuk pada kukang Loris (Nycticebus coucang). kukang sendiri artinya malu-malu bisa diaplikasikan namanya pada sloth atau loris. Kalu melihat pada google translate Sloth artinya Kungkang ini cuma kendala bahasa contoh seperti kuda nil yang sebenarnya bukan kuda dan kambing gunung yang bukan kambing

    kalo soal kuskus dan kukang (Loris) ini memang kesalahan besar ini sudah jauh beda

    ini artikel lama tapi kayanya harus dikomen biar bisa share pendapat. dan harus dikomen karena saya lihat anda juga pecinta binatang dan berada paling atas di search engine

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s