Jay, Si Owa Jawa dari Leuweung Sancang

Udah lama banget rasanya file ini nangkring di harddisk. Dan akhirnya, dia bisa muncul juga untuk menyapa dunia. Itu juga setelah bantuan teman.

Terima kasih kepada Bung Wawan Tarniwan yang sudah menyediakan waktunya untuk mengunggah video ini. Mudah-mudah video ini bisa segera tayang di tipi. Yeeeeeha.

Biar lebih akrab, saya perkenalkan.
Namanya Jay, jenis kelamin Jantan. Suami dari Ann dan ayah dari Cika dan Wana. Saat ini masih tinggal dan bertahan hidup di Leuweung Sancang, Garut Selatan.

Kondisi habitat yang kritis menjadi salah satu ancaman terbesar bagi kelangsungan hidup para Owa yang tinggal di Leuweung Sancang. Hutan sebagai habitatnya sudah terfragmen (terpisah-pisah) sehingga mengakibatkan area jelajahnya menyempit serta tumpang tindih dengan kelompok Owa lainnya.

Rantai regenenerasi pun akhirnya akan terputus karena Owa akan kesulitan untuk mengembangkan kelompoknya ataupun dipersatukan dengan kelompok Owa lainnya. Ditambah lagi, Owa Jawa yang berada di Leuweung Sancang adalah sebuah keunikan tersendiri. Mereka adalah Owa yang masih bertahan, hidup di dataran rendah.

Selamatkan Leuweung Sancang, Selamatkan Owa Jawa.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s