Gigitan Pertama

Image76

Sudah empat hari sejak gigitan pertama yang ditinggalkan oleh Hercules kepada saya. Namun bekas luka itu belum kering benar. Masih basah, bernanah, dan sedikit gatal yang membuat saya ingin sesekali menguyek-nguyek.

Ini adalah gigitan pertama yang orangutan berikan kepada saya. Kaget tentu saja, apalagi saya belum disuntik vaksin sama sekali. Semakin khawatir jika ternyata si Hercules menularkan zoonosis-nya kepada saya. Mengingatkan saya akan sebuh film tentang virus Ebola yang ditularkan oleh seekor monyet. Ngeri, jika itu benar-benar terjadi pada saya. Entah apa jadinya diri ini dalam hitungan beberapa jam ke depan.

Harusnya saya khawatir bukan pada saat digigit saja, tapi sejak awal mulai bersentuhan dengan orangutan. Inilah konsekuensi yang harus saya terima jika hidup berdampingan dengan satwa liar yang rentan penyakit.

 

 

 

TERSANGKA PENGIGIT —>

HERCULES, UMUR 6 TAHUN, JENIS KELAMIN JANTAN

birding 278

Namanya juga penyakit, media penularan tak melulu harus melalui luka yang berdarah-darah. Sistem pernafasan pun bisa menjadi media yang ampuh untuk menularkan penyakit. Ya, penularan dari si satwa kepada saya ataupun sebaliknya, dari saya ke si satwa bisa terjadi. Hepatitis B, TBC, flu, dll. Belum lagi penyakit-penyakit yang bersumber dari feses (pup) bahkan bakteri-bakteri yang menempel di sela-sela jari dan kuku akibat mengelus-elus.

Flu burung dan Flu babi. Udah ga asing kan. Tapi klo tiba-tiba muncul lagi jenis varian flu baru, Flu Orangutan. Bisa gempar dunia konservasi satwa. Tindakan save and rescue bisa terhambat karena “membahayakan” jiwa si penolong.

Dua bulan setengah bersama orangutan, tanpa vaksin, tanpa cek kesehatan. Semuanya terlihat baik baik saja. Saya sehat dari luar, tidak tahu bagaimana isi dalemannya. Mudah-mudahan saja saya bukan pengidap atau carrier Hepatitis B atau terjangkiti olehnya.

saya dan orangutan hanya berbeda 3% saja dari DNA yang kami miliki.

8 comments

  1. MENONE · Oktober 13, 2011

    masih sodara ya hehehehehehehhee……

    salam persahabatan selalu dr MENONE

    • Ismail Agung · Oktober 13, 2011

      iya, KERAbat jauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuh banget. Klo menurut teorinya om Darwin.

  2. Asop · Oktober 13, 2011

    Astaga…. Mas Agung, segera periksakan ke dokter !😯

    Semoga Mas Agung tidak kenapa-napa ya, semoga gigitan itu tidak menularkan penyakit…😦

    • Ismail Agung · Oktober 13, 2011

      Yang lebih saya risaukan justru para animal keeper atau perawat satwanya. Sudah 7 tahunan mereka mengurus satwa-satwa yang ada di kebun binatang. Namun belum pernah sekalipun mereka cek kesehatan (medical check up).
      Dari luar mungkin terlihat sehat, tapi dari dalam belum tentu baik baik saja..

  3. mygoodnessolivia · Oktober 13, 2011

    go to the doctor ASAP deh. serem euy liat bekas luka dan kemungkinan yg terjadi :O

    • Ismail Agung · Oktober 13, 2011

      tenang saja… bekas lukanya mulai mengering. tapi bengkaknya masih terlihat merah😀 (harus hati hati)

  4. Gita Diani Astari · Oktober 13, 2011

    AAAAAAAAAOOOOOOUUUUWWW pasti sakit da! Sakit nggak Kang? Udah diperiksa? Sok atuh gih periksaaa. Khawatir tentang orang lain boleh tapi diri sendiri juga khawatirin atuh. =_=

    • Ismail Agung · Oktober 14, 2011

      Ya sakit lah.. tapi tidak opo-opo. Ga sampe kena demam panas dingin kok (paling nafsu makan sedikit bertambah :p)

Tinggalkan Balasan

