Kipasan Belang (Rhipidura javanica)

kipasan belang 2

Kipasan Belang, Rhipidura javanica (dalam bahasa inggris disebut Pied Fantail) mudah dikenali dari bentuk ekornya yang seperti kipas bila sedang dikembangkan. Burung ini termasuk jenis burung yang paling sering dijumpai di sekitar area Kebun Raya Unmul Samarinda. Hampir di setiap sudut hutan selalu terdengar siulannya dan terkadang terbang berpasangan sambil berkejar-kejaran.

Tertarik untuk melihatnya? Tidak usah repot-repot harus ke Samarinda. Burung ini cukup umum ditemukan di wilayah Sunda Besar (meliputi Sumatra, Kalimantan, Jawa dan Bali) di daerah hutan terbuka. Siap-siap saja terpesona melihat hiburannya saat sedang menari mengibas-ngibaskan ekor kipasnya yang naik turun.

8 tanggapan untuk “Kipasan Belang (Rhipidura javanica)

  1. si kipasan belang ini juga sudah banyak yg memelihara lho Gung
    dulu waktu ayahnya anak2 suka piara burung berkicau, sempat lihat juga di pasar pramuka ( di jakarta pasar ini khusus jual burung berkicau), mungkin krn kemerduan suaranya tsb.
    salam

    1. Wah, selama saya main ke pasar burung belum pernah lihat burung ini Bund. Mungkin pasar pramuka lain kali ya. Itu mah lengkap, dari yang tidak dilindungi sampai yang dilindungi ada yang jual di sana. Tapi sepengamatan aku sih, burung ini ga terlalu menarik kicauannya. Atau telinga sayanya aja yang kurang peka, hehehe 😀

  2. Lihat namanya kadang bikin terkecoh menganggap burung ini endemik Jawa. padahal ni burung tersebar luas di asia tenggara seperti Laos. Thailand, Filipina, dan Malaysia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s