Tukik Tikus Si Pelatuk Mungil

Banyak orang pasti kenal dengan tokoh kartun Woody Woodpecker. Si burung pelatuk biru dengan kepala merahnya yang khas disertai tawanya yang membahana "Ha-ha-ha-HAA-ha!".

Dari gambaran seekor Woody kita bisa membayangkan bahwa rupa dari burung pelatuk tak jauh dari yang tercerminkan oleh sosok Woody. Memang betul, hampir semua ciri-ciri burung pelatuk ada pada Woody. Jambul merahnya pun bisa dikatakan sebagai simbol dari kejantanan seekor burung pelatuk (betina biasanya tidak memiliki warna merah).

tukik tikus

Tapi tidak semua pelatuk memiliki ciri seperti yang ditonjolkan oleh Woody. Salah satunya adalah si Tukik Tikus (latin: Sasia abnormis ; inggris: Rufous Piculet). Burung pelatuk satu ini merupakan burung pelatuk yang sangat kecil, hanya berukuran 10 cm.

Kepalanya pun tidak berjambul merah, akan tetapi memiliki dahi berwarna kuning emas. Bulu didominasi oleh warna hijau zaitun pada bagian punggung dan jingga di bagian dada-perut. Dengan jari kaki yang hanya berjumlah tiga dia bertengger di batang atau cabang pohon dan mematuk-matuk layaknya seekor pelatuk.

Dimana bisa menemukan burung pelatuk mungil ini? Burung Tukik Tikus tersebar di Jawa, Sumatera dan Kalimantan. Di Kalimantan, Tukik Tikus dapat ditemukan pula di Kebun Raya Unmul Samarinda. Tertarik melihatnya lebih dekat?

tukik tikus (15) tukik tikus (7) tukik tikus (12)

2 comments

  1. Azzam Kafie · Agustus 18, 2011

    nice info gan, tapi jauh banget kalo ngeliatnya musti keluar pulau.. hehe

    • Ismail Agung · Agustus 18, 2011

      Di Jawa dan Sumatra ada juga. Cuman saya belum tahu lokasinya di mana.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s