Bukan Kodok Tapi Burung Paruh-Kodok

Mungkin terdengar aneh untuk menyematkan nama kodok pada burung. Jelas-jelas kedua hewan tersebut berbeda. Yang satu amfibi yang satu lagi aves. Faktanya, ada jenis burung yang diberi nama kodok. Sebut saja burung itu burung Paruh-kodok.

frogmouth (paruh-kodok)

Mengapa diberi nama demikian, tak lain dan tak bukan karena paruhnya yang mirip mulut kodok. Melebar dari kiri ke kanan. Melihatnya secara langsung adalah pengalaman pertama bagi saya. Saya tahu ada burung jenis ini dari buku panduan, tapi saya tidak bisa membayangkan bagaimana rupanya secara nyata.

Cukup sulit untuk menentukan jenis Paruh-kodok apakah burung satu ini. Dari hasil perbandingan foto dengan buku panduan, ternyata untuk mencocokannya tidaklah mudah. Seharusnya saya mengidentikasi burung ini langsung di lapangan.

Sebagai info dasar, burung ini ditemukan di Kebun Raya Unmul Samarinda. Hal yang membuat saya semakin bingung, karena dari 6 jenis Paruh-kodok yang ada, semuanya terdapat di Kalimantan. Jadi kira-kira Paruh-kodok yang mana ya?

5 comments

  1. hadisome · Agustus 14, 2011

    kunjungan baliiik hahahaha

    mang, burung paruh kodok apa burung hantu? mirip…

    • Ismail Agung · Agustus 14, 2011

      Burung paruh kodok Mang!! Mirip lah dengan burung hantu, masih satu brotherhood. Sama-sama jenis burung yang aktif malam juga.

      Nuhun sudah berkunjung.

  2. littledeeintan · Agustus 16, 2011

    keren ung, matanya bisa beda gitu, trus mirip sama burung hantu juga..kaya banget ternyata jenis burung di unmul yah..good job kawan!!

    • Ismail Agung · Agustus 16, 2011

      Dia masih satu kekerabatan sama burung hantu, dan dia termasuk burung nokturnal juga. Matanya beda sebelah karena faktor cahaya. Jadi si retinanya membesar. Banyak memang, tapi belum terdokumentasikan semuanya. Andai punya lensa tele super :p

  3. Risher · Agustus 12, 2015

    Saya baru menjumpai burung ini sedang bersarang di Tanjab Barat Jambi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s