Pijantung Kecil si Penghisap Nektar

Birding pagi ini cukup memuaskan. Bukan karena jumlah burung yang teramati, melainkan saya mendapatkan momen foto yang cukup bagus untuk diabadikan. Bisa dikatakan ini adalah potret satwa pertama yang bisa dikatakan BAGUS buat saya pribadi.

Secara teknik, memang tidak lebih baik. Namun secara momen, ini lumayan menarik (menurut saya). Ini fotonya,

pijantung kecil

Burung apakah itu? Burung di atas merupakan jenis burung Pijantung Kecil aka Little Spiderhunter dan memiliki nama latin Arachnothera longirostra. Termasuk ke dalam keluarga burung pemakan nektar (Nectariniidae). Ciri khasnya terdapat pada paruh yang panjang dan melengkung, mirip dengan burung kolibri (Hummingbird) yang berasal dari Amerika dan memiliki kemampuan terbang diam di depan bunga.

Jadi, jangan sampai tertukar dengan burung kolibri, karena kita juga punya yang tak kalah kerennya yaitu burung Pijantung.

7 comments

  1. baluran and me · Agustus 12, 2011

    moment berharga tidak datang kedua kalinya mas. congat! fotonya bagus sekali🙂
    salam kenal juga dari baluran, thanks dah mampir di Baluran and Me😀

  2. abu faqih · Agustus 13, 2011

    Betul kata Mas dari Baluran … foto-fotonya sekarang sangat bagus, mantap Bro.

    • Ismail Agung · Agustus 13, 2011

      Terima kasih. Masih dalam tahap terus belajar. SEMANGAT BERKARYA!

  3. Mursalin sbi · Februari 26, 2012

    Pagi ini 26 Peb 2012 saya lewat di kampus USU Medan dan berhenti sebentar melihat rusa yang ada disana
    Tapi perhatian saya segera teralih ketika seekor burung kecil persis diatas saya sedang mencari madu pada tanaman tanjung
    Saya tidak tahu nama burung kecil itu
    Sesampai dirumah barulah saya mencari via google dan sampai di halaman ini. Saya mendapatkan bahwa burung yang saya lihat tadi siang persis dengan burung Pijantung kecil yang gambanya ada di blog ini. Terima kasih atas pengetahuan yang saya dapat

    Oh ya, kalau menururt standar saya foto diatas sudah sangat bagus

    Salam dari Medan
    dari :Mursalin Asbi

  4. spizaetus · Desember 8, 2012

    keren momennya gung..jarang banget di indonesia ada yang kaya gini..upload di media berbayar aja

    • Ismail Agung · Desember 8, 2012

      Media berbayar teh yang kayak gimana bung?

      Haratis asal jangan komersil tanpa sedekah ka sayah🙂

Tinggalkan Balasan

