Lebih Dari Yang Saya Lihat

Sekembalinya saya ke Sancang saya punya gadget baru. Sebuah camcorder JVC. Ga keren-keren amat sih, tapi lumayan lah selain bisa rekam ternyata bisa jepret foto juga (ya ampun, katrok banget sih eike). Pengennya sih beli kamera, tapi kayaknya.. orang yang pegang kamera udah kebanyakan. Apalagi sekarang kan generasinya youtube, generasi yang segala sesuatunya lebih mudah dimengerti dengan gambar bergerak.

Selama ekspedisi Borneo kemarin saya sedikit belajar akan pentingnya dokumentasi gambar bergerak. Mungkin tidak sebagus gambar diam yang memiliki nilai artistik, tapi setidaknya informasi yang disampaikan gambar bergerak lebih banyak.

Setelah beberapa minggu kebersamaan saya dengan JVC di Sancang, hasilnya lumayan cukup bagus. Yang dimaksud bagus adalah, lumayan banyak dapat objek satwa liarnya ketimbang dokumentasi manusia. Mulai dari Owa Jawa, Monyet, Lutung, Surili, juga jenis burung-burung yang selama ini hanya mendengarkan kicauan.

Cekakak Punggung Merah Babi hutan Varanus salvator
dijepret di Sancang

Bisa dibilang saya cukup beruntung untuk mendapatkan rekaman dari satwa-satwa itu. Maklumlah, namanya juga satwa liar, masih agak malu-malu waspada kalau dekat manusia. Apalagi untuk jenis burung, saya jadi lebih banyak belajar untuk mengidentifikasi dan mengenalnya.

Tidak lupa juga saya mendokumentasikan kegiatan penelitian Owa Jawa yang dilakukan Melissa. Tentang tujuan penelitian, metode yang digunakan, hingga harapannya terhadap hutan tempat penelitiannya. Selain itu juga, hal-hal yang berkaitan dengan aktifitas peziarah dan legenda dari Leuweung Sancang itu sendiri saya rekam melalui wawancara kepada narasumber.

Hutan Sancang memang tidak selebat dan serimbun dulu. Namun, apa yang terkandung di dalamnya masih memiliki keunikan untuk dikabarkan.

Well, nantikan saja unggahan video tentang Sancang di youtube:)

One comment

  1. Asop · Maret 27, 2011

    Waduh, itu di poto yang terakhir, ada yang telanjang dada!😆

Tinggalkan Balasan

