Welcome Back, Sancang 2011 (Bag II)

lanjutan posting sebelumnya….

Sekarang kabar baiknya.

Kabar baiknya adalah, “untung” Melissa punya PDA cadangan. Jadi proses pengambilan data tetap berjalan lancar dan tidak terganggu.

Kondisi di rumah Emak Haes dan warga Sancang semakin kondusif. Sepeninggal Bejo, Melissa memperkerjakan dua orang pemandu yang bertukar shift setiap dua minggu sekali. Hasil kerja kedua pemandu ini katanya lebih baik dan lebih dari yang diharapkan. Komunikasi antara Melissa dengan para pemandu pun cukup berjalan lancar. Sekarang tanpa sungkan-sungkan para pemandu bisa menyampaikan secara langsung maksud keinginannya.

Mudah-mudahan saja nggak melunjak untuk minta macam-macam (indikasinya sih sudah muncul).

Hutan Sancang masih sama saja seperti terakhir kali saya meninggalkannya. Beberapa perubahan lebih banyak terjadi di beberapa tempat yang biasa digunakan sebagai tempat ziarah. Terlebih lagi Saung yang biasa kami sebut “Kantor”. Perubahan besar-besaran terjadi di sini, dan jadi lebih nyaman.

 kantor sancang Kabar baik lainnya datang dari Owa Grup D. Sebelumnya grup tersebut berangggotakan 3 ekor owa dewasa. Namun sekarang, jumlah anggotanya bertambah satu ekor yang masih bayi.

Meskipun begitu, populasi Owa di Sancang masih tetap sama seperti sebelumnya. Terjadi pengurangan dari Grup B. Grup B yang terdiri dari Tono, Tini dan anaknya Udin harus merelakan kepergian anaknya yang sampai saat ini masih menjadi tanda tanya. Diperkirakan kepergian Udin disebabkan oleh pemangsa. Masih terlalu dini bagi Udin untuk mengembara seorang diri.

flying javan gibbon

Masih banyak kabar baik lainnya yang tak bisa dituliskan di sini. Harapannya, mudah-mudahan riset ini bisa berjalan lancar hingga akhir.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s