Ekspedisi Hybrid : Permulaan

Duapuluhlima tahun yang lalu. Sebuah penelitian dari Project Barito Ulu melaporkan bahwa telah terjadi perkawinan silang antara Owa Kalawat (Hylobates muellerri) dan Owa Ungko (Hylobates albibarbis) di sebuah tempat di jantung hutan Borneo.

Dan kini, di sisa dua minggu terakhir ekspedisi, kebenaran penelitian tersebut akan ditelusuri kembali.

Setelah lebih dari satu bulan melakukan riset di sekitar Camp Foyle – Sungai Mohot, tanda-tanda akan kehadiran Owa kawin silang atau yang biasa kami sebut sebagai Owa Hybrid belum lah kami temukan. Dari hasil pengamatan triangulasi suara owa, kami sama sekali tidak menemukan sebuah bentuk vokalisasi yang berbeda. Semuanya sama, yaitu hanya vokalisasi H. alibarbis.

Atas dasar tersebut, rencana pun disusun untuk mencari di lokasi yang di rekomendasikan oleh Project Barito Ulu yaitu hulu Sungai Joloi. Team kecil pun akhirnya dibuat yang hanya terdiri dari 6 orang yaitu saya, Lara, Tim, Bang Parman, Wik dan Edison.

Perjalanan ekspedisi kecil ini ternyata tidak bisa disebut berjalan dengan mudah. Di awal pemberangkatan kami harus menghadapi musibah. Badan perahu pecah setelah menghantam kayu mati. Padahal kami baru saja menempuh satu jam perjalanan. Untungnya pemandu kami cukup sigap memperbaiki perahunya meski harus mengorbankan sebagian dari kayu dan paku yang masih menempel di perahunya.

Perbaikan darurat yang sealakadarnya ini memang kurang meyakinkan. Tapi kami memilih untuk melanjutkan perjalanan ketimbang kembali ke basecamp.

Tidak hanya kondisi perahu saja, kondisi sungai yang surut juga jadi tantangan tersendiri. Kami harus berjibaku naik turun perahu dan mendorongnya karena air sungai terlalu dangkal.

4 jam perjalanan, dan kami tiba di Tembarang Ame Daun. Titik pengamatan pertama masih 2 jam lagi, tapi hari sudah sore dan kami memutuskan untuk bermalam dan melanjutkannya esok pagi.

Berikutnya… (lihat saja nanti)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s