(from Ung) Selamat Natal dari Hutan Rimba

Selamat Natal bagi yang merayakan. Bagi yang tidak, semoga selamat setiap hari.

Ga nyangka sekarang udah memasuki hari yang kelima belas bersama rekan-rekan Heart of Borneo.Penelitian juga udah mulai berjalan. Meskipun agak-agak kurang lancar karena satu dan lain hal, sehingga perencanaan sebelumnya harus di re-schedule lagi.

Hal yang paling ribet sebenernya adalah masalah makan. Harap dimaklum aja, orang Indonesia kan punya selera dan jam makan yang berbeda sama orang Inggris. Klo di kita kan tiga hari sekali selalu makan berat, nah mereka paling makan berat hanya makan malam aja.

Otomatis perut orang Indonesia ga bisa terima gaya hidup semacam itu, misal makan mie instan di siang bolong. Sampai beberapa kali diskusi, urusan perut masih saja try and error.

Ga hanya perutnya tapi juga dapurnya. Beberapa kali dapur dibiarkan dalam kondisi yang berantakan. Cucian yang numpuk, sisa makanan, tenda yang mau rubuh, bahkan semut-semut nakal yang berbaris antri mengambil jatah sisa.

Ditambah lagi dengan urusan para pemandu yang kebosanan berdiam diri tinggal di base camp. Semuanya tampak malah kepengen ikut kelapangan. Pengen ada kegiatan di lapangan. Pengen belajar sesuatu di lapangan. Pengen menemukan sesuatu di lapangan. Kembali ke point utama, jadwal sedang di re-schedule.

Untungnya, sampai saat ini penelitian khusus mammalia cukup berjalan dengan baik. Hampir setiap hari kurang lebih saya berjalan 4 Km menyusuri jalur transek penelitian. Yah, namanya juga metode penelitian, mau ga mau musti dilakuin. Tapi rasa capenya lumayan terbayar lah.

Dari sekian kali menyusuri jalur transek beberapa jenis satwa sudah saya temukan, diantaranya yaitu primata (Presbytis frontata, Presbytis rubicunda, Hylobates albibarbus), Tupai (Ratufa sp.)dan juga Beruang Madu (Helarctos malayanus). sedangkan yang lainnya seperti Kijang dan Kancil cuman nemu jejaknya doang. Mungkin belum sempet aja karena mereka terlalu sensitif sama suara.

Berikutnya, mudah-mudahan aja bisa lihat mammalia malam semacam Kukang, Musang, Tarsius atau mungkin jenis-jenis Kucing Liar. Tapi sayangnya, Lara (peneliti utama Mammalia) malah mempercayakan penelitian Mammalia Diurnal (siang) kepada saya sedangkan dia fokus di penelitian Mammalia Nocturnal (malam). Klo ga cape-cape amat mungkin saya masih bisa ikut jalan malam.

Perayaan Natal di sini juga lumayan cukup meriah. Walaupun di tengah hutan rimba, bule-bule ini ga mau ketinggalan pesta. Tiga ekor ayam kampung kami sembelih sebagai sajian untuk makan-makan. Saking ingin terkesan mewah, untuk masak ayam aja butuh waktu sekitar seharian dan menghabiskan stok kayu bakar untuk seminggu. Udah gitu si ayam di oven di dalam panci yang dikubur sama batu-batu kali yang sebelumnya dipanaskan. Bener-bener ribet dah. Dan hasilnya, si ayam tetep aja dagingnya alot.

Di tengah acara hiruk pikuk memasak, mereka masih sempet-sempetnya bikin film pendek tentang Santa Claus. Nah yang ini lumayan gila, karena si Dale mau-maunya pake kostum celana dalam Loreng (alias belang-belang macan) lari-lari dikejar Santa sampe nyemplung ke sungai. Mungkin filmnya bisa dilihat di situs resmi www.heartofborneo.org .

Hal yang paling menyenangkan adalah waktu ikut Pak Aspor (kepala pemandu) mancing. Sambil naik Cis (perahu kecil bermesin) kami jalan menyusuri sungai ke arah hulu dan memasang jala. Serunya bukan saat pasang jala, tapi perjalananan susur sungainya. Banyak pemandangan yang mengagumkan dan dinikmati. Tentunya sambil pengamatan, siapa tahu nemu satwa yang unik.

Hari-hari ke depan, semoga saja bisa mengamati si Owa lebih baik lagi.

Sekali lagi, Selamat Natal bagi yang merayakan. Bagi yang tidak, semoga selamat setiap hari.

One comment

  1. dLa · Desember 26, 2010

    heum, seru !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s