Setiap Waktunya adalah “Belajar”

Hampir setiap harinya saya belajar banyak dari Ekspedisi Borneo ini. Meskipun perjalanan dan penelitian di lokasi yang kami tuju belum lah dimulai saya tetap merasakan bahwa setiap detik yang saya lakukan adalah proses belajar.

Bahasa Inggris saya tidak bagus, juga tidak indah. Saya tidak mengerti kaidah berbahasa Inggris yang baik dan benar. Saya tidak mengerti apa itu tenses, dan juga grammar. Yang saya tahu hanya “mengapa why selalu always tidak pernah never”.

Benar juga apa kata pepatah, practice make it better. Bahasa inggris saya memang tidak kunjung membaik, tapi setidaknya saya tidak canggung untuk bercakap-cakap meskipun saya menyadari bahwa tata bahasa saya sungguh tidak normal. Setidaknya, mereka paham apa yang saya maksud dan saya paham apa yang mereka inginkan.

Hidup adalah mengatur. Untuk beberapa alasan, saya belajar bagaimana cara mereka memanage (mengatur) serta merencanakan penelitian ini. Saya terlibat ternyata tidak sekedar ikut di lapangan saja. Saya belajar bagaimana mempersiapkan logistik untuk sebuah ekspedisi. Bagaimana kami mengatur keuangan untuk tidak menghambur-hamburkannya dan mempergunakan sebijak mungkin. Saya belajar bahwa setiap nilai yang tercantum di sebuah barang menjadi sangat berarti. Dan tentunya kualitas menjadi pilihan terbaik.

Saya belajar untuk sabar. Tidak mudah itu mungkin kata yang tepat untuk semua aturan yang harus kami patuhi untuk mendapatkan izin penelitian. Hal itu juga lah yang membuat para peneliti cukup kesulitan untuk melakukan penelitian. Ribet memang, tapi birokrasi memang selalu seperti itu. Tidak cukup satu minggu untuk membereskan segala macam tetek bengek yang berhubungan dengan birokrasi. Hingga pada akhirnya, semua berujung pada lembaran-lembaran nilai berharga. Inilah negeriku, negeri yang manis di bawah telapak tangan.

Masih banyak hal yang setiap harinya saya pelajari. Selalu ada kata baru yang harus masuk buku catatan. Selalu ada pengalaman baru yang membahagiakan. Selalu ada perjalanan baru yang melelahkan. Selalu ada cerita baru yang memalukan. Dan selalu ada pelajaran baru yang membanggakan.

Tak sabar menanti petualangan yang segera tiba, dan setiap harinya adalah belajar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s