Inilah Kami, Borneo Expedition Team

Saya dan Munir tidak sendiri. Ada sembilan orang lainnya yang menjadi bagian dari ekspedisi ini. Atau lebih tepatnya, mereka lah yang menyusun ekspedisi ini.

Mereka punya beragam latar belakang yang tentunya berkaitan dengan flora dan fauna. Mereka semua berasal dari Europe, ada yang dari Belanda, Inggris, dan juga Wales.

Siapa kah mereka. Baik lah saya akan perkenalkan satu persatu. Untuk  foto segera menyusul

Martin, dia adalah project leader dari ekspedisi ini. Masih muda. Asal dari Inggris. Sebelumnya pernah melakukan ekspedisi. Bahasa Indonesia, belum lancar. Umur 26.

Tim, penyuka kucing (kucing dan keluarganya, macan, harimau, leopard, dsb). Asal dari belanda. Sudah lumayan lama di Indonesia. Bahasa Indonesia lumayan lancar. Umur, baru ulang tahun tanggal 21 November kemarin dan dirayakan di rumah makan Cendrawasih Banjarmasin sambil tiup lilin di atas kue Tiger Roll. Orangnya ramah dan terbuka.

Lara, cewek British. Aksen Britishnya terasa sekali. Latar belakang penelitian adalah Mammalia. Pernah tinggal di Thailand, ngurusin Owa di pusat rehabilitasi. Tertarik melakukan pengamatan malam hari. Perokok aktif melinting. Umur, kelahiran 82. Bahasa Indonesia, baru belajar.

Holli, cewek British juga. Wajah dan usia cukup menipu, terlihat dibawah 30 padahal keluaran 78. Perawakan cukup menarik. Aksen British terasa sekali. Perempuan tangguh. Latar belakang, tukang kayu di UK oleh karena itu tangannya kasar. Bidang penelitian, vegetasi Bromelia di atas pohon. Pastinya dia akan memanjat pohon. Bahasa Indonesia, baru belajar. Pendukung Liverpool.

Dale, inggris juga. Perawakan, seperti Ridho Rhoma yang dicat rambut pirang. Persis banget dengan bulu dadanya. Suka memasak dan makan-makanan yang pedas. Bidang penelitian, herpetofauna. Bahasa Indonesia, baru belajar. Umur, masih muda dibandingkan penampakannya.

Russ, inggris juga. Yang paling muda diantara mereka. Bidang penelitian, serangga. The Bugsman. Sedikit bermasalah dengan pinggangnya, dan tertarik mencoba jamu untuk mengobati sakit pinggang.

Ian, wales. Latar belakang, pernah ikutan militer. Banyak pengalaman tentangnya berkaitan dengan militer. Bidang penelitian, entahlah. Gaya bicaranya tegas tapi kurang ajar. Mengajarkan bahasa slang english. Suka bertingkah konyol. Lebih suka olahraga rugby daripada sepakbola.

James, inggris lagi. Tugasnya sebagai dokumentasi. Juru foto dan juru film. Perawakan jangkung seperti Edwin van Der Sar. Tampangnya kayak pendiem, padahal belum akrab aja. Kondisi terakhir, agak ribet dengan urusan visa yang hanya 60 hari saja.

Daniel, inggris deh. Bertugas sebagai teknisi mendampingi James. Segala macam elektronik dan listrik dia ahlinya. Rencananya dia mau ngelamar pacarnya pas lagi di hutan lewat Skype. Tapi kayaknya nggak janji deh. Kondisi terakhir, sama kayak James, ribet dengan visa.

Mr. Rupert, inggris kali. Supervisor ekspedisi ini. Sudah 20 tahun tinggal di Indonesia. Bahasa Indonesia-nya cukup lancar. Kalimat favorit “Mimpi Indah kamu!!!”. Orang yang tegas, teliti, detail. Ga sanggup klo harus menemani dia ke pasar lagi. Cape. Seisi pasar dia ubek-ubek cuman buat tanya harga, abis itu baru deh belanja. Kondisi terakhir, tidak ikut ekspedisi hanya bantu-bantu persiapan.

Itu lah para team Ekspedisi Borneo yang berasal dari luar. Untuk dari Indonesia ada saya, Misbahul Munir dan juga Bang Hendrik.

Untuk Bang Hendrik, dia asli Dayak dan membantu banyak untuk segala proses persiapan serta akomodasi. Terima kasih banyak Bang, senang berkenalan dengan mu. Sayang dia tidak ikut ke lapangan, padahal klo dia ikut pastinya menyenangkan.

Nah rencananya bakal ada dua orang peneliti lagi yang akan menyusul di awal Januari. Mereka berasal dari Jerman. Kita nantikan saja kehadirannya.

Well, semoga kami semua bisa bekerja sama dengan baik. Meski terkendala dengan bahasa yang ga gi gu ge go.

NB: Foto akan menyusul.

2 comments

  1. willy · November 30, 2010

    potokang,,,, poto,,
    T.T
    pengen ikut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s