Goes to Borneo

Terima kasih Tuhan, karena kau telah mengabulkan impian ini. Lebih cepat dari yang diangankan.

Dalam hitungan hari, pengalaman hidup saya akan mencatatkan sebuah catatan seru yang mungkin tak kan pernah terlupakan. Saya lolos sebagai salah satu dari dua counterparts Indonesia yang diikutsertakan mengikuti Ekspedisi di Jantung Kalimantan atau dikenal juga dengan sebutan Heart of Borneo Project. Lebih jelas tentang project ini bisa dilihat di situs berikut.

Awalnya saya enggan untuk mengirimkan CV saya ke project leader ekspedisi. Sebelumnya dia menginformasikan bahwa pelamar setidaknya memiliki kemampuan dalam bidang Ornithologi atau perburungan. Secara ilmu dasar saya mengerti, tapi secara pengalaman kurang memadai.

Setelah dipikir-pikir apa salahnya saya mencoba. Toh ga rugi-rugi amat. Cuman kirim CV via email saja. Mencobalah saya.

Beberapa hari kemudian saya mendapatkan balasan bahwa saya masuk kandidat dan sedang di seleksi lebih lanjut. Tak lama kemudian email dari project leader saya terima kembali, kali ini dia bertanya Apakah saya masih berminat? sembari menjelaskan persyaratan serta kondisi situasi yang mungkin saja terjadi selama ekspedisi berlangsung.

Tentu saja saya jawab, SIAP. Dengan segala situasi dan kondisi yang mungkin terjadi saya siap meskipun kemampuan pengamatan burung saya tidak cukup ahli dan bahasa inggris saya juga tidak cukup luar biasa. Dia pun membalas kembali dan tidak mempermasalahkan hal itu, dia meyakinkan saya bahwa saya bisa belajar dan mempelajarinya selama ekspedisi berlangsung.

Membaca jawaban seperti itu, tidak ada alasan lain yang membuat saya harus menolaknya selain restu orangtua. Akan sangat menyesal jika saya menolak mendapatkan lebih banyak ilmu, lebih banyak pengalaman, lebih banyak belajar bahasa inggris, dan tentunya segala kebutuhan ditanggung, dikasih uang jajan pula pake dolar.

Mungkin saya beruntung bisa mendapatkan kesempatan ini, tapi beruntung saja tidak cukup untuk menjalani hari-hari setelahnya. Selalu semangat, ambil ilmu sebanyak-banyaknya, aplikasikan, sebarkan ke yang lain.

Doakan saya (semoga bisa berenang sebelum berangkat).

8 comments

  1. an666a · November 12, 2010

    sippp!! tah bahasa inggris diajar ka si melisa heula, renang diajar ka si ocoy,mantap men!haha

    • Ismail Agung · November 13, 2010

      little little I can we lah, yes yes no no. u yeah.

  2. Felicia · November 12, 2010

    sudah gua duga..😉
    selamat jalan2 ya….
    pasti bermanfaat da..
    mungkin aja dapet jodoh dan sekolah lagi🙂
    amien

    • Ismail Agung · November 13, 2010

      waw… dirimu sudah menduga sebelumnya, ckckck. dapat turunan ilmu dari mamah loreng kah dirimu?

      nuhun nya, segala segala kebaikan dan manfaat ada di sana. amin.

  3. Bu Nia · November 13, 2010

    Agungggg….selamat yaaa…
    Ibu akan mnenyertaimu, dengan doaku tentunya…
    Insyaallah…semua ilmu yang kita dapatkan akan bermanfaat, apalagi ada dolarnya..hhee..

    Jangan lupa, bagi-bagi ilmunya, terutama ke anak-anak SMP11..TITI HJ yaow… ^__^

    • Ismail Agung · November 13, 2010

      nuhun bu doanya. insya Allah ilmunya dibagi-bagi.

      Titi DJM Titik Puspa. hati-hati di jalan, sampai jumpa.

  4. mylitleusagi · November 16, 2010

    wah ini toch,,,
    alasan mu meninggalkan sancang,,
    dan mlupakan amelia untuk sesaat,,
    sukses y ung,,
    gapailah mimpimu
    aku doain yang terbaik buat kamu,,:)

    • ung · November 19, 2010

      thanks putri…

      semoga banyak pengalaman yang bisa di ambil dan diceritakan.

Tinggalkan Balasan

