Telan-Jang di Malam Jumat (Kliwon)

Ketika hari sudah menunjuk pada kamis, dan kalender jawa mengatakan kliwon maka dipastikan bahwa malam tersebut adalah malam teramai di Leuweung Sancang.

Seperti tanggal 28 oktober 2010 lalu. Lonjakan jumlah peziarah naik hampir 10x lipat dari kunjungan di hari biasa. Dari H-2 hingga hari H, peziarah mulai berdatangan. Sendirian, bahkan rombongan.

Kehadiran malam jumat kliwon menjadi berkah tersendiri bagi pelaku jasa. Hampir setiap warga desa yang punya motor beralih peran menjadi tukang ojek. Motor pun berseliweran keluar masuk mengantar peziarah ke lokasi yang keramat.

Peziarah yang datang dari berbagai kota di Jawa Barat dan juga provinsi lain umumnya tidak mau melewatkan ritual mandi di air terjun Cikajayaan. Menjelang malam semuanya berkumpul di situ dan menunggu giliran untuk mandi.

Tua muda laki perempuan tak segan untuk bertelanjang dada. Boro-boro malu, yang penting mandi dengan air keramat, dapat berkat, pulang ga melarat. Begitulah.

Sebagian dari peziarah ada yang langsung kembali pulang setelah mandi dan sedikit ritual kemistisan, dan ada juga yang meneruskan menginap 2-3 hari sambil menikmati akhir pekan dengan upacara yang tak kalah mistis. Setelah 42 hari berlalu, mereka kembali lagi. Melaksanakan ritualnya kembali. Layaknya makan di restoran.

6 comments

  1. mylitleusagi · Oktober 31, 2010

    selalu suka sama crita..cerita kamu..
    gak sabar nunggu kamu selesai penelitian..
    aku yakin ini bisa di bikin buku
    semoga kamu baik..baik aja disana….

    gilingan yak..banyak banget masyarakat kita yang masih percaya itu…

    SEMANGAT!!!!!

    • Ismail Agung · November 1, 2010

      buku apaan nih? kumPulan kisah mistis… hahahaha

  2. ajeng sekar · November 1, 2010

    hihi.. rupa rupa saja tingkah manusia indonesia.. negeri yang kadang bikin bangga dan selalu bikin tertawa..

    lagi penelitian dimana gung? asik tuh.. semoga hasil penelitiannya bisa bermanfaat buat banyak orang😉

    • Ismail Agung · November 1, 2010

      di sancang Jeng.

      kakangmu juga pernah ke sini dan bikin artikel di PR.

      yap, mudah-mudahan hasilnya bermanfaat bagi nusa dan bangsa. amin

  3. erniheryani · Februari 18, 2013

    curug kajayaan emang dhsyat,,,,dah airnya seger dtmbah kekayaan alam yang masih virgin..krna bnyak mitos jadi leuweung sancang msh terjaga.

    • Ismail Agung · Februari 21, 2013

      kayaknya saya tidak terlalu sependapat deh dengan pendapat kamu yang leuweung sancang masih terjaga. coba tanya tetua tetua di sana mengenai kondisi sancang dibandingkan 15 tahun lalu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s