Satu Jam Jadi Penyusup

Kuliah..

Ya gitu-gitu aja. Duduk manis mendengarkan penjelasan proses mengajar diajar dari dosen kepada mahasiswanya. Tapi bagaimana jadinya jika mahasiswa yang diajar sama sekali bukanlah mahasiswa dari perguruan tinggi tersebut?

Minggu kemarin saya ngiseng-ngiseng ikut kuliah malam salah seorang teman saya. Awalnya saya sengaja mampir ke tempat kerjanya dan numpang dianterin pulang. Tapi ternyata dia ada kuliah malam gitu, daripada ga dapat tumpangan akhirnya saya coba ikut dia ke kampus malamnya yang ga jauh dari tempat kerjanya. Sekalian hotspotan juga.

Sesampainya di kampusnya, saya lalu urung untuk menunggunya. K oridor kampusnya sempit dan enek, udah gitu sesek sama asap rokok. Daripada terbunuh sepi oleh asap rokok dan suhu dingin, saya memutuskan untuk ikut kuliah saja.

Mei000[1]

Saya pikir klo kuliah ya gitu-gitu aja, satu arah. Dan si dosen masa bodo sama mahasiswanya mau dengerin apa kagak. Begitu  masuk ruang kuliah, saya lalu mengambil posisi duduk paling belakang.

Hari itu ternyata kuliahnya adalah bahasa inggris II. Entah kenapa saya lalu merasa janggal saat si dosen memperkenalkan dirinya. Berhubung saya dan teman saya duduknya terpisah, saya lalu bertanya ke mahasiswa sebelah.

“Ini kuliah pertama ya?” tanya saya.

“Iya, ini kan semester baru.” jawabnya.

Damn, feeling ga enak gini.

Ternyata bener aja. Eh tuh Bu Dosen malah mengajak para mahasiswa yang ada di dalam kelas untuk perkenalan diri sambil di absen gitu. Perkenalan pun dimulai dari urutan paling belakang sebelah kiri. Dan saya ada diurutan paling kanan belakang. Teman saya yang duduk di kursi paling depan lalu lirik-lirik bertanya sambil sedikit cengegesan melihat saya yang menunggu giliran perkenalan.

Saya nanya lagi ke sebelah,

“Hari ini ada temen kamu yang ga masuk kelas ga?”

“Ada.”

“Siapa namanya?”

“Agus, kenapa gitu?”

“Saya bukan mahasiswa sini nih, itu beneran si Agus ga akan kuliah?”

“Wah ga tau, tadi sih ada orangnya.”

Waduh, mendengar jawabannya kayak gitu jadi bahaya klo bohong terus tiba-tiba si Agus datang. Bisa digiring ke Polres karena kasus penipuan. Tiga orang lagi giliran saya memperkenalkan diri. Jujur ga jujur apa ga?

Deg degan, kayak mau di sunat.

Giliran itu akhirnya tiba. Saya pun membuka mulut dan memulai perkenalan dengan bahasanya David Beckham.

“Introducing, my name Ismail Agung. And i’m very very sory cause i’m an intruder of this class and i’m not a student of this college. I’m just accompany my friend who is sitting front of you. Are you don’t mind if I sitting here until the class end, cause if i’m sitting outside there alone it could be bored?”

Plak, akhirnya ngaku juga dengan bahasa inggris payah dan balelol blekok. Untungnya si Bu dosen baik hati dan menerima kehadiran saya untuk mengikuti perkuliahannya yang hanya satu jam saja. Dia mengerti klo di luar itu mungkin membosankan, dan justru dia malah senang jika saya mengikuti kuliahnya.

Segimana pun otak berpikir keras untuk merangkai sebuah kebohongan, ternyata sebuah kejujuran lebih bisa diterima untuk dimaafkan.

7 comments

  1. matius · September 26, 2010

    sumpeh lo kereeeeeennnnnn banget!!!!! brharap punya pngalaman serupa!!hehehe..tp klo gw ung ya pasti udh boong aja,kagok!!!wkakakak..emg ung primera ini emg org jujur…wkakakakak…good story pak!!!!keren!!!

    • Ismail Agung · September 26, 2010

      Klo aku nyamar jadi murid kamu, kira-kira ketahuan ga ya Tius? Hahahahaha, jelas ketahuan lah, itu jenggot ama kumis mau diumpetin dimana.. hahahaha.

  2. Ridwan · September 26, 2010

    Mantaaappppp……..

    Like this kang!!! hehe🙂

  3. aulia · September 26, 2010

    Wkwkwkwk… Terinspirasi gw gung, pengen nyamar, gw diterima juga ga ya, ato dilempar ama sepatu?

    • Ismail Agung · September 26, 2010

      Kayaknya sih disuruh push-up 3 seri Al.. Hahahay..

  4. mawi wijna · September 29, 2010

    hahahaha kocak! dulu pas kuliah, saya juga pernah jadi penyusup😀

    bahkan setelah lulus pun saya pernah menyusup. Untungnya Pak Dosen blum tahu klo saya dah lulus😀

  5. Irwan · Oktober 2, 2010

    wahaha kocak abis bos. kebayang gw suasana saat itu gimana. untungnya gw ga pernah jadi intruder di kampus orang hehehe. nice experience anyway😀

Tinggalkan Balasan

