Akhirnya Mendaki Gunung Juga

Setelah sekian lama ga naik gunung, akhirnya bisa lagi merasakan keringat bercucuran membasahi baju, menapaki jalanan terjal rimbun pepohonan, tanah basah dan rumput-rumput mengores kulit kaki. Bagi saya itu adalah kenikmatan. Kecuali gigitan nyamuk dan pacet yang membuat resah malam dingin.

Malam ini saya berada di puncak Gunung Tikukur yang terletak di Ciwidey Bandung Selatan. Mendaki gunung kali ini bukan hanya sekedar kesenangan semata. Ada tujuan lain yang harus saya penuhi.

Saya sedang mengambil data untuk skripsi.

Di hari pertama ini saya bersyukur. Sangat-sangat bersyukur. Karena kekhawatiran saya saat berada di lokasi pengamatan yaitu hujan, untungnya tidak turun sama sekali. Padahal hari sebelumnya, Bandung dan Ciwidey dibuat basah.

Yang kedua, saya sangat berterimakasih sekali kepada teman-teman yang ikut terjun ke lapangan. Awalnya saya tidak terlalu berharap banyak bahwa akan banyak yang ikut turun membantu. Saya memperkirakan hanya 4 orang saja. Tapi cerita berkata lain. Delapan orang ikut turut ke lapangan. Dan mereka bukanlah rekan-rekan kampus yang mengerti tentang apa bagaimana penelitian saya.

Bagi mereka, keikutsertaan mereka kali ini tak lebih untuk berbagi ilmu. Secara teori mungkin saya lebih mendalaminya, tetapi secara praktek saya lebih percaya bahwa skill lapangan mereka di atas saya.

Saya beruntung bisa berkenalan dengan mereka.

Semoga target tiga hari yang saya rencanakan untuk mengambil data di Gunung Tikukur bisa tercapai. Dan semoga cuaca selalu mendukung.

Amin

One comment

  1. kikakirana · Juni 10, 2010

    aih bingung ma themesnya:-/

Tinggalkan Balasan

