LESS PAPER from ATM

16 hari menuju Earth Day 2010

Tadi sore saya mampir ke ATM. Udah lama juga nggak ngecek kondisi keuangan yang nggak pernah nambah, cuman semakin berkurang aja.

Tujuan saya ke ATM, tak lain dan tak bukan tentu saja mengambil uang. Bulan ini sedikit boros, padahal jiwa konsumerisme saya sudah saya tekan sepelit mungkin. Saya udah mulai pelit untuk beli minuman dalam kemasan botol, udah mulai pelit untuk beli temannya si Tara, udah mulai pelit buat servis si Yelli dan udah mulai pelit buat mandi… (nah loh).

Jelas saja keuangan bakal semakin berkurang, toh pemasukannya juga mandek gitu.

Baru minggu lalu saya dapat job, lumayan lah. Kerja dua hari di hotel ditambah 4 hari di depan layar si Tara, bayarannya sama aja dengan yang jaga doang di hotel. Meskipun begitu, saudara saya mengingatkan untuk berkata Alhamdulillah. Bersyukurlah karena rejeki itu datang padamu.

Kembali ke mesin ATM, setelah mencukil satu lembar uang limapuluhribuan si layar ATM yang bengong kurang lebih selama 10 detik kemudian bertanya,

“Mau dicetak bukti transaksinya Kang?”

Kalau dibahasa percakapan mungkin seperti itu, hehehe.

Pilih ya atau tidak?

Saya pilih tidak aja deh.

Karena saya memilih untuk menjawab tidak, maka saya tidak tahu berapa sisa saldo yang tersisa. Jadi pertanyaan si mesin ATM berikutnya tentang melanjutkan transaksi saya jawab ya.

Lalu saya pilih cek saldo.

Hm, lumayan. Saldo saya cukup untuk bikin menangis semalam bareng Audy.

Ternyata, mengurangi penggunaan kertas pun bisa dilakukan di mesin ATM. Tidak perlu untuk mencetak bukti transaksi bilamana keperluannya hanya sebatas melihat saldo yang tersisa. Sayang kan, apabila setelah cukup membaca informasinya justru berakhir di tong sampah di sebelah mesin ATM.

Salam Acuh

4 comments

  1. Thomas · April 7, 2010

    Selain cuma berakhir di tong sampah, dampak panjangnya adalah juga menyumbang terhadap global warming. Salam.

  2. Pemandu Ujungkulon · April 8, 2010

    Mari kita dukung upaya penyelamatan bumi dari global warming sedini mungkin, dimulai dari hal-hal kecil dari keseharian kita.
    By the way, blog ini sudah terpasang di blog roll Ekowisata Ujungkulon. Terimakasih buat tukeran link-nya dan semoga pertukaran link ini bermanfaat bagi kita

    • Ismail Agung · April 8, 2010

      sama sama kang, nanti klo saya berkunjung ke ujungkulon mohon dipandu… hehehe

Tinggalkan Balasan

