jangan TAKUT akan GELAP

Karena gelap melindungi diri kita, dari kelelapan…

Sepenggal lirik Sheila on 7 feat Tasya.

Tempat nebeng baru, otomatis ada aturan yang harus ditaatinya dong.

Enam hari sudah saya lalui untuk menebeng di kediaman baru. Sebuah rumah dan satu keluarga bahagia. Meskipun begitu, tempat baru ini tidak mengubah kebiasaan saya sebelumnya. Tidur larut malam, bangun larut siang.

Malu sih, cuman kok susah banget untuk lepas dari kebiasaan buruk ini. Dan hari ini saya mendapatkan sebuah teguran. Bukan teguran keras untuk mengusir saya, tapi sebuah teguran kecil atas kebiasaan saya saat tidur.

Saya diingatkan untuk selalu mematikan lampu saat tidur dan menggantinya dengan menyalakan lampu kecil yang memang sudah disediakan.

Maafkan saya…

Saya memang tidak terbiasa untuk tidur dalam gelap atau remang-remang. Bukan karena saya penakut tapi hanya ketidaknyaman saja bila tiba-tiba terbangun dalam kondisi gelap dan saya kebingungan mencari kacamata yang disimpan. Mata saya memang buruk sekali. Tapi saya tidak ada masalah kok untuk tidur dalam gelap.

Walaupun lampu untuk menerangi ruangan adalah lampu hemat energi yang memakan energi sebanyak 10 watt tapi klo masih bisa dikurangi atau tidak menggunakan sama sekali kenapa tidak.

Yang saya suka dari teguran tersebut bukan lah ajakan untuk berhematnya. Tapi beliau mengatakan bahwa semua ini dilakukan untuk mengajarkan kepada anak mereka yang belum genap tiga tahun tentang belajar berhemat.

Hemat listrik dan hemat waktu.

Nyalakan pada saat dibutuhkan dan matikan saat tidak digunakan. Saya tidak ingin mengatakan bahwa keluarga ini tidak asyik karena tidak menyalakan televisi setiap saat. Hanya pada waktu-waktu khusus saat berkumpul keluarga TV dinyalakan dan ditonton bersama-sama. Si kecil pun bisa lebih terawasi dalam menonton program televisi yang tidak baik.

Kebiasaan positif di keluarga ini berdampak positif pula pada si kecil. Dia tidak merasa ketergantungan pada televisi sebagai media hiburan, meskipun terkadang ia tersita perhatiannya untuk memandang lama layar televisi saat menampilkan tayangan yang tidak biasa dia lihat.

Dan si kecil ini tidak merasa takut, saat gelap menyelimuti malam dan mengantar mereka dalam lelap.

Amber023

7 comments

  1. kircyber · Maret 18, 2010

    trick yang bagus buat membina si kecil tuk tdk takut gelap… thanks infonya…

    • Ismail Agung · Maret 18, 2010

      Sama-sama… Semoga bisa menjalankan tricknya dengan baik dan benar…

  2. ngupingers · Maret 24, 2010

    aku ngak takutt gituuuhh

  3. jendelakatatiti · Maret 26, 2010

    Jangan takut gelap, jadi ingat Tasya dan Sheila on Seven. Bagus itu pendidikan keluarga pada si kecil, dilatih hemat, dilatih menonton televisi sebentar saja. Semoga kita dapat meneladani, tulisan yang bagus, sederhana tapi menyentuh! jendelakatatiti.wordpress.com

  4. sarwojowo · April 12, 2010
  5. Diandra · Oktober 26, 2010

    tidur dalam gelap is the best pokoknya… selain cepet tidur n lebih lelap… badan n pikiran juga serasa lebih enteng, bebas stress..
    — visit http://m.rujakasik.com

Tinggalkan Balasan

