EARTH HOUR 2010, satu jam saja untuk bumi

Previously…

Earth Hour pertama kali dimulai pada tahun 2007 di Sydney, Australia ketika 2,2 juta rumah dan pelaku bisnis mematikan lampunya selama satu jam sebagai bentuk perlawanan terhadap Perubahan Iklim. Satu tahun kemudian, earth hour menjadi suatu gerakan berkelanjutan dimana 50 juta orang dari 35 negara turut berpartispasi di dalamnya. Beberapa bangunan yang umum dikenal seperti Sydney Harbour Bridge, CN Tower di Toronto, Golden Gate Bridge di San Francisco, and Rome’s Colosseum, berdiri dalam kegelapan sebagai suatu simbol pengharapan untuk sesuatu yang akan terus tumbuh dan mendesak seiring waktu berjalan.

Pada Maret 2009, ratusan juta orang mengambil bagian pada Earth Hour yang ketiga. Lebih dari 4000 kota di 88 negara secara resmi berikrar untuk mematikan listriknya sebagai bentuk dukungan terhadap bumi, penyelenggaraan Earth Hour 2009 merupakan inisiatif  Perubahan Iklim terbesar di dunia secara global.

and Now…

Earth Hour 2010 akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 Maret pada pukul 20.30 (waktu setempat) hingga 21.30, dan ini adalah panggilan bagi setiap individu, setiap pelaku usaha, dan setiap masyarakat di seluruh dunia untuk beraksi. Panggilan untuk berdiri, untuk mengambil tanggung jawab, untuk terlibat dan memimpin jalan menuju masa depan yang berkelanjutan. Bangunan ikon dan landmark dari Eropa ke Asia ke Amerika akan berdiri dalam kegelapan. Orang-orang di seluruh dunia dari segala latar belakang akan mematikan lampunya dan bergabung dalam perayaan dan perenungan pada satu hal yang kita miliki bersama –bumi kita.

Earth Hour telah melakukan banyak hal untuk meningkatkan kesadaran tentang isu perubahan iklim. Tapi ada yang lebih dari sekedar mematikan lampu selama satu jam sekali setahun. Ini adalah tentang ajakan kepada orang-orang untuk masa depan bumi kita dan bekerja sama untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan dan rendah karbon bagi bumi kita.

Tantangan Earth Hour adalah untuk memikirkan kembali bagaimana kita menjalani hidup kita dalam satu jam berikutnya, hari berikutnya, dan hari setelah itu.

Akan selalu ada kegelapan sebelum fajar tiba. Mari kita buat fajar ini sebagai “Abad Baru yang lebih Hijau”.

disadur dari : planet green

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s