SALAM ACUH

Salam Acuh,

Sedikit punya jiwa linguistik, karena saya merasa aneh ketika mendengar/membaca percakapan/tulisan seseorang mengenai kata “acuh”.

Ya acuh.

Seringkali kita mendengar kata tersebut dalam frase “acuh tak acuh” yang punya makna “peduli nggak peduli”. Dari pengertian makna tersebut maka jika saya comot per kata jadilah acuh=peduli, tak=nggak, acuh=peduli.

Acuh=peduli.

Setelah dibuka dan dicari di kamus besar bahasa Indonesia, memang benar, ternyata arti dari “acuh” itu sendiri adalah “peduli”. Entah kenapa dalam perkembangannya, penggunaan kata acuh menjadi terbalik dari makna yang sesungguhnya. Semisal dari percakapan curhat berikut ini,

“Aku nggak ngerti deh sama dia, kenapa sih dia acuh banget klo ketemu sama aku? Emangnya aku pernah bikin salah ya?”

Makna acuh dari percakapan curhat tersebut mungkin adalah “tak perduli”. Tapi jika makna acuh sebenarnya yang dimaksud, pastinya ungkapan kalimat berikutnya bukanlah sebuah keluhan.

Kok bisa kebalik-balik sih?

Klo menurut saya pribadi, mungkin keterbalikan makna tersebut bisa dikarenakan penggalan kata “cuh” pada kata acuh memberikan sebuah kesan berpaling, seperti “huh” yang seakan menyatakan sebuah ekspresi tidak perduli. Menurutku loh..

Sebenarnya bukan hanya kata acuh saja yang punya keterbalikan makna, kata seperti bergeming dan kasatmata juga seringkali terbalik makna. Masa sih!! Coba deh di googling.

Lantas apa yang harus dilakukan?

Untuk membudayakan kembali kata “acuh” yang sebenarnya, mulai tulisan berikutnya saya akan membudayakan kata acuh di setiap akhir tulisan. Apalagi klo artikel-artikel saya yang termasuk kategori “kita bisa menyelamatkan bumi”.

Perlu sebuah keacuhan agar kata acuh menjadi acuh yang sebenarnya.

Baiklah, sebagai awalan saya mengucapkan.

SALAM ”ACUH” UNTUK SEMUANYA.

2 comments

  1. Naja Raya · Maret 1, 2010

    ya ampun kang ung ung…ada aja yang di tulis, salam ACUH deh..

    • Ismail Agung · Maret 1, 2010

      namanya juga blog saya, terserah saya dong asal nggak porno dan vurgal, hehehhehhe…

      Awas klo kamu tak acuh… hihihi

      Salam Acuh!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s