Flying Fox itu Outbound atau Bukan?

Outbound. Istilah ini marak sekali dan berkembang dengan pesatnya ketika umat manusia merasa membutuhkan motivasi dan semangat baru dalam dunia kerja yang penuh dengan tekanan-tekanan dan melepaskan rasa penat ruang kantor atau orang-orang merasa kurang lengkap jika jalan-jalan ke alam bebas tanpa melakukan flying fox.

Saya sendiri ga ngerti, apa hubungannya antara flying fox dan outbound. Tapi yang jelas, paket yang ditawarkan dalam outbound selalu menyertakan yang namanya flying fox sebagai salah satu pilihan atau termasuk bagian di dalamnya. Lalu bagaimana menurutmu? Apakah flying fox itu outbound atau termasuk salah satu kegiatan outbound?

Secara pribadi saya tidak setuju jika flying fox termasuk ke dalam outbound atau disamakan artinya dengan outbound. Entah kenapa saya kurang merasa sreg aja dengan korelasi diantara kedua frase tersebut.

Saya bukan praktisi outbound, atau tukang outbound. Hanya pernah dan mungkin sering mengalami beberapa pengalaman dengan orang-orang yang menyatakan dirinya sebagai provider outbound. Di antara mereka memang ada yang benar-benar outbound sejati, dan ada juga yang mengatasnamakan “out-outbound-nan”.

Dari sekian pengalaman ulin -main- dengan tukang outbound. Hanya outbound sejati yang tidak pernah membawakan flying fox. Mereka justru memberikan pengalaman-pengalaman seru kepada para pesertanya sehingga ada perenungan makna yang tergali dan akhirnya terbawa ke dalam dunia kerja atau rutinitas kesehariannya yang itu-itu saja menjadi titik balik ke arah yang positif. Kalaupun ada, flying fox hanyalah sekedar hiburan tambahan.
Lalu bagaimana dengan flying fox. Makna apa yang bisa tergali di dalamnya? Keberanian, tantangan, resiko atau kesenangan. Menurut saya mungkin kesenanganlah makna tergampang yang bisa diambil dari flying fox. Senang karena bisa meluncur dari tempat tinggi, merasakan hembusan angin, dan mendarat dengan selamat tentunya. Coba klo tidak menggunakan perlengkapan keamanan! Atau terjun meluncur beramai-ramai tidak sendiri-sendiri nggak kebayang hebohnya.

Sudahlah, bagaimanapun juga fenomena flying fox dan outbound yang menjamur seakan telah menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan telah menjadi opini masyarakat mengenai sebuah kegiatan yang dinamakan outbound. Tidak ada yang bisa disalahkan memang, hanya saja pendegradasian makna tersebut lambat laun mengubah persepsi orang awam menjadi sangat awam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s