Pelatihan Bersama Teman-Teman RUPIN

Selamat tahun baru semuanya..
Semoga saja di tahun baru 2010 ini banyak hal-hal positif yang menyertai hari-hari kita semua hingga akhir tahun 2012 yang katanya hari akhir.
Mengawali tahun baru kemana nih? Kebanyakan orang pasti mencoba menghabiskan awal tahun dengan berwisata ke tempat-tempat rekreasi. Berhubung lagi liburan sekolah serta long weekend pastinya sayang klo kesempatan ini dilewatkan begitu saja.
Mengawali tahun ini saya berencana mau bersepeda ke ciwidey. Sebetulnya bukan niat pribadi sih, kebetulan kawan saya sigit mengajak saya untuk ikut kegiatan dan mengisi acaranya sebagai pemateri. Nama kegiatannya sih Pelatihan Tutor Outbound, cuman isi acaranya melebar ke arah konservasi dan sikap peduli lingkungan. Sedikit melenceng memang tapi tepat sasaran klo dilihat dari peserta yang kebanyakan adalah putra daerah ciwidey serta para siswa siswi SMA disana yang notabene mungkin jarang dapat pelatihan mengenai konservasi dan sikap peduli lingkungan.
Kegiatan yang disponsori tunggal oleh Satoe Indonesia, yaitu orang-orang yang terhimpun dan mendirikan Rumah Pintar ini diselenggarakan oleh teman-teman Rumah Pintar. Point utama kegiatan ini sebenarnya adalah silaturahmi para pengurus RUPIN Papakmanggu dan RUPIN Gambung, selain itu memberikan pelatihan-pelatihan yang bersifat penanganan anak baik permainan dan juga kegiatan-kegiatan outdoor serta pembekalan materi berupa cara-cara memasang flying fox.
Semua kegiatan itu terangkum selama dua hari sabtu minggu. Meskipun para peserta harus merelakan malam-malam menyenangkan di hari sabtu, acara ini tak kurang menyenangkan juga kok. Hampir di setiap kesempatan selalu ada ice breaking yang tentunya untuk mencairkan suasana juga memberikan contoh-contoh permainan yang bisa dan biasa dilakukan pada saat mengajak main adik-adik kecil.
Acara ini memang tidak terstruktur dengan rapi, tapi dari pelaksanaannya bisa dibilang cukup berhasil untuk mengumpulkan para pengurus RUPIN serta materi-materi dasar yang mungkin nantinya bisa diaplikasikan bila ada kegiatan-kegiatan lain yang bersinggungan dengan anak-anak atau setidaknya kegiatan-kegiatan outdoor-outbound.
Klo menurut saya pribadi sih, tampaknya perlu ada kegiatan lanjutan khususnya untuk teman-teman SMA di sana karena sepertinya mereka tertarik untuk lebih tahu mengenai aspek-aspek lingkungan lainnya yang jarang sekali mereka dapatkan di sekolah. Apapun itu, walaupun hanya sekedar menonton film pendek dan diskusi ringan.
Mungkin di lain kesempatan saya bisa melakukannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s