Pohon, Polisi Hutan, dan Penebang

Permainan ini dapat dilakukan dengan jumlah peserta lebih dari 20 orang dan dilakukan di luar ruangan atau ruangan yang cukup luas.

Aturan  permainan:

Permainan ini hampir sama dengan adu suit. Peserta dibagi menjadi dua kelompok besar. Setiap kelompok diharuskan memilih salah satu peran dan memperagakan gayanya pada saat diadu. Peran yang dipilih ada tiga yaitu pohon, polisi hutan atau penebang.

Peserta kemudian berkumpul berjajar di tengah area permainan saling berhadapan dengan peserta kelompok lain. Sebelum aba-aba dimulai, peserta terlebih dahulu saling membelakangi. Lalu pada hitungan ke tiga atau aba-aba dimulai, peserta membalikkan badannya sambil memperagakan gaya yang telah dipilih kelompoknya.

Pemenang ditentukan berdasarkan peran yang dipilihnya. Pohon menang melawan polisi hutan, polisi hutan menang melawan penebang, penebang menang melawan pohon.

Pertandingan dilakukan sebanyak lima ronde atau lebih tergantung fasilitator. Modifikasi terhadap permainan dapat dilakukan yaitu kelompok yang menang harus mengejar dan menangkap kelompok yang kalah. Sedangkan kelompok yang kalah harus lari sampai garis aman (garis aman ditentukan fasilitator). Anggota kelompok yang kalah dan tertangkap menjadi anggota kelompok yang menangkapnya. Permainan berakhir bila salah satu kelompok jumlahnya sepertiga dari jumlah awal permainan.

Makna yang dapat digali dari permainan.

Apa fungsi pohon dalam kehidupan sehari-hari?

Apa jadinya bila pohon-pohon banyak ditebang?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s