Perkenalkan, "Ung si juragan tomat"!

Sepertinya berita kepulangan saya hari ini sudah tersebar luas. Belum sempat beres-beres kantong, tiba-tiba datang seorang bapak sambil membawa satu dus mie instan sambil berkata “Oleh-oleh buat Kak Ung” katanya. Duh jadi ga enak. Padahal saya kan bantu-bantu disini ikhlas kok Pak. Penasaran dengan isi dus, selidik punya selidik ternyata isinya buah tomat.

Perlu diketahui, Pangalengan yang terkenal dengan susunya ternyata banyak juga perkebunan sayur dan buah. Diantaranya yaitu kentang, tomat, wortel, lobak dan kol. Kebetulan sekali, perkebunan disini sedang panen tomat besar-besaran. Mungkin sebagai balas jasa atas apa yang saya dan teman-teman telah lakukan bagi warga disini jadi mereka tak segan-segan membagi sebagian hasil panennya untuk saya (maaf saja, saat ini relawan yang tersisa hanya saya seorang).

Tidak lama setelah bapak tadi kini giliran si kecil Krisna dan kakaknya Dea membawakan kardus yang disinyalir berisi tomat lagi. Krisna yang belum sekolah ini cukup dekat dengan saya pada saat program. Dan lagi dia termasuk anak yang aktif pada saat kegiatan. Lagi-lagi mereka bilang “Oleh-oleh untuk Kak Ung”.

Dua dus tomat dan satu backpack, tidak masalah dalam perjalanan pulang nanti. I can handle that. Eh tapi kata siapa saya pulang hanya bawa barang segitu aja. Kini seorang emak-emak datang sambil tergopoh-gopoh membawa dua ember timba di kedua tangannya. “Jang, tong hilap ieu candak uih” artinya jangan lupa dibawa pulang si itu nya. Hayo apa coba? Apalagi klo bukan tomat tomat dan tentu saja tomat.

Dua ember, itu kira-kira sama dengan sepertiga karung beras. Nah loh! Sebuah backpack di punggung, dua buah kardus isi tomat di kiri dan kanan, dan terakhir (saya harap ini terakhir) sekarung tomat yang entah harus diletakkan dimana?

Namanya rejeki emang ga bisa ditolak. Tapi gimana cara bawanya? Mikir mikir mikir…

Tinggalkan Balasan

