Pump up your Rocket

Day 4.

Berhubung dari kemaren hujan mulu, untuk kegiatan hari ini saya ga akan tanggung-tanggung berbasah-basahan bareng adik-adik. Program hari ini adalah mendaur ulang botol bekas menjadi roket air. Tentang bagaimana cara membuat roket air sudah ada dipostingan yang lalu. Jadi bagi yang kepengen tau cara bikinnya bisa dicari disini.

Tiap orang sudah membawa botol bekasnya masing-masing. Ada sedikit informasi yang terlewat nih. Beberapa diantara mereka membawa botol minum yang bibir botolnya tidak sesuai dengan sumbat pompa. Biasanya sih botol minuman berasa dan beraroma yang ukuran tutupnya beda, ga perlu disebutkan merknya pasti udah pada tau kok. Jadi dengan sangat menyesal, mereka yang bawa botol selain botol mineral tidak bisa ikut menerbangkan roketnya. Tapi mereka tetap bisa ikutan bikin roketnya.

Riweuhnya bikin roket akhirnya kerasa juga. Moncong roket yang beres dibuat harus ditempelkan ke pantat botol. Kalau ditempelkan pake lem takutnya akan lama kering. Selain itu juga, dikhawatirkan nanti pas kena air malah lepas lagi. Alhasil saya terpaksa melayani satu persatu anak yang hendak menempelkan moncong roket dengan selotip yang hanya ada satu-satunya. Belum usai menempelkan moncong roket, adik-adik (terutama yang belum sekolah dan kelas satu) sudah banyak yang mengeluh karena kesulitan untuk membuat sayap roket. Mau ga mau, sebagai kakak yang baik hati rajin senyum dan tidak sombong saya membantu membuatkannya.

Beres sudah membuat roket, kini waktunya menerbangkan roket setinggi-tingginya. Agar roket bisa terbang tinggi maka sebaiknya roket diisi bahan bakar yaitu air saja. Jadi sebelum dipompa, roket terlebih dahulu diisi air. Kira-kira setengah atau sepertiga volume botol. Jika ingin terbang lebih tinggi lagi bisa menggunakan air + deterjen.

Penerbangan roket dilakukan secara bergiliran karena pompa yang tersedia hanya satu. Awalnya mereka sedikit ragu, namun setelah melihat serunya roket yang telah terbang tanpa terasa mereka semakin mendekat dan berebutan untuk menerbangkan roket yang mereka punya.

Muncratan air mulai membasahi baju dan celana. Kesampaian juga niat basah-basahan. Meskipun begitu, ternyata langit tidak seirama dengan tema kegiatan hari ini. Tak setitikpun tetes air hujan turun seperti sore kemaren. Hmm dasar, ya sudahlah yang penting program untuk hari berjalan lancar.

Semoga untuk esok dan seterusnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s