Aku Ingin Terbang Ke…

Day 3.

Program hari ini adalah menggambar sesuatu yang dapat terbang. Tapi bukan sekedar gambar dengan menggunakan alat lukis. Untuk program hari ini saya hanya menyediakan instrumen berupa kertas dan lem saja. Sedangkan untuk bahannya, adik-adik (untuk seterusnya lebih enak panggil adik-adik saja) harus mencari sendiri di sekeliling lingkungan.

Bahan yang digunakan berupa dedaunan dan bunga-bunga yang ada di sekitar tenda. Oia, untuk kegiatan hari ini kami punya basecamp baru berupa tenda dome dengan kapasitas untuk dua keluarga. Tidak terlalu besar, tapi cukup untuk memasukkan 30 orang sekaligus. Kehadiran tenda ini cukup membantu sekali, mengingat kondisi tempat yang kurang memadai.
Perkiraan saya hari ini jumlah yang datang akan sama seperti kemarin. Ternyata tidak! Penyebabnya adalah hujan yang turun tiba-tiba dan cukup deras. Alhasil yang datang hanya sekitar 30 anak saja.

Tidak apalah, toh tendanya hanya dapat memuat segitu aja. Hanya saja yang patut disayangkan adalah adik-adik tidak bisa mengembangkan kreasinya lebih luas. Mereka tidak bisa keluar dari tenda untuk mencari bahan-bahan karya yang lebih beragam.

Dengan bahan seadanya mereka mencoba untuk mulai berkreasi membuat kupu-kupu dan capung. Bagus sih hasilnya, cuman ya itu tadi, adik-adik lebih cenderung meniru apa yang dicontohkan. Mungkin untuk berikutnya, contoh yang diberikan musti lebih variatif. Dan lagi, sebaiknya ada pembagian kegiatan berdasarkan umur, karena anak-anak pra sekolah hingga kelas 2 tampaknya cukup sulit untuk mengikuti program keterampilan.

Di akhir kegiatan seharusnya ada sesi bercerita tentang kemana mereka akan terbang jika mereka menjadi apa yang digambarkannya. Sungguh sangat disayangkan, ending yang aku rencanakan tidak sempat kesampaian padahal bagus tuh untuk mengetahui tempat yang ingin dituju.

Walaupun ada beberapa kekurangan dan kendala yang terjadi, secara keseluruhan kegiatan hari ini berjalan dengan baik. Terutama ketidakhadiran ibu-ibu yang suka bikin riweuh sedikitnya membuat keadaan lebih tenang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s